Tunggu Pengumuman Bank Sentral AS, Rapat Dewan Gubernur BI Mundur

JakartaBank Indonesia (BI) akan menggeser jadwal rutin rapat dewan gubernur (RDG) yang biasa digelar minggu kedua atau ketiga setiap bulannya.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menjelaskan rapat bulan ini akan digelar pada 26-27 September 2018. Rapat akan membahas perkembangan ekonomi terkini, baik domestik dan global.

Biasanya rapat juga akan memutuskan tingkat suku bunga acuan dipertahankan, dinaikkan atau diturunkan. Dody menyebut pergeseran rapat ini karena BI masih menunggu pengumuman The Fed.

“Kami akan tunggu announcement dari The Fed. Harapannya RDG kami jatuhkan minggu keempat September, kami sudah tahu posisi Fed Fund Rate,” ujar Dody di Gedung BI, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Dody menjelaskan untuk kenaikan suku bunga acuan BI atau BI 7 days reverse repo rate, masih sesuai dengan perkembangan ekonomi dan data dependen.

“Tergantung, kami lihat dari perkembangan data dependen yang ada,” jelasnya.

Suku bunga acuan AS atau Fed Fund Rate (FFR) diprediksi akan meningkat sebesar 25 basis poin pada bulan ini dan Desember 2018. Adapun hingga saat ini FFR sebesar 2%.

Sementara itu, BI telah meningkatkan suku bunga acuannya sebesar 125 basis poin sejak awal tahun ini ke level 5,5% (kil/ara)