Lima Cara agar Anak Tidur Tepat Waktu

Jakarta: Mendorong anak untuk bisa tidur tepat waktu bukanlah hal yang mudah, terutama pada zaman dimana anak-anak sangat bergantung pada gawai. 

Meskipun begitu, ada metode yang bisa Anda lakukan agar anak-anak tetap bisa tidur tepat waktu.

Dikutip dari The Independent, berikut ini adalah beberapa cara membuat anak lebih cepat tertidur. 

1. Tidak bermain gawai menjelang tidur

Cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat ini dapat berdampak negatif pada tidur anak dan memengaruhi melatonin, yaitu hormon menginduksi tidur, “ujar Neil Robinson, ahli tidur dari Sealy UK. 

“Dengan menciptakan lingkungan bebas teknologi 30 menit sebelum waktu tidur, Anda dapat membantu mempercepat waktu tidur mereka.”

2. Membuat waktu tidur yang ketat

Anak-anak dapat kesulitan untuk tidur nyenyak jika mereka harus tidur pada waktu yang berbeda setiap malam. Itulah mengapa penting untuk mengatur rutinitas tidur yang dapat mereka ikuti, jelas Joy Richards, sleep expert dari Happy Beds. 

“Dengan mengajarkan anak waktu tidur setiap malam dapat membuat mereka menyadari kebutuhan untuk tidur dan lama-kelamaan itu bisa menjadi kebiasaan.”

3. Menciptakan suasana yang nyaman

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak adalah dengan mendorong mereka untuk menggunakan imajinasi mereka sebelum tidur. Hal ini pada gilirannya akan membantu mereka hanyut dalam tidur yang tenang, ujar Dani Binnington, seorang ahli kesehatan mental keluarga. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyuruh anak Anda melakukan kegiatan menenangkan sebelum tidur, seperti mandi dengan air hangat.

4. Perhatikan apa yang mereka konsumsi

Tidak disarankan bagi anak-anak untuk makan camilan manis sebelum tidur, karena ini dapat menyebabkan kenaikan tingkat energi mereka secara tiba-tiba. Robinson menyarankan agar anak-anak makan camilan seperti roti gandum panggang, apel atau biskuit sekitar 45 menit sebelum tidur sehingga mereka tidak tidur dalam keadaan lapar atau penuh energi.

5. Tempat tidur yang nyaman

Jika anak Anda sering mengalami masalah dengan ketika tidur di malam hari, maka salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan adalah tempat tidur. Jenis kasur yang dibutuhkan seorang anak untuk mencapai tidur malam yang nyenyak mungkin berbeda dari yang dibutuhkan oleh orang dewasa, ujar Phil Lawlor, seorang sleep expert.

“Banyak orang dewasa menikmati kasur dengan tingkat kenyamanan lembut atau menengah-lembut. Namun, anak-anak umumnya membutuhkan kasur yang lebih kuat,” katanya.

(DEV)