Mau Ada Rusun Nempel Stasiun, Rawa Buntu bakal Tambah Macet?

Tangerang Selatan – Area Stasiun Rawa Buntu akan segera dibangun hunian apartemen berbentuk rumah susun (rusun). Pembangunan akan dibangun oleh Perum Perumnas pada awal tahun depan atau 2019.

Pembangunan itu tentu sangat memengaruhi kehidupan warga sekitar seperti Serpong, BSD, hingga Pamulang. Sebab, Stasiun Rawa Buntu telah menjadi primadona warga Tangerang Selatan yang hendak bepergian menggunakan commuter line.

Karena menjadi primadona, saat ini kawasan itu, terutama di flyover Rawa Buntu menjadi salah satu biang kemacetan di wilayah BSD. Musababnya, angkutan umum, ojek online, hingga taksi online yang ramai parkir atau ‘ngetem’ di pinggir jalan menunggu penumpang keluar stasiun.


Lantas, apakah dengan pembangunan tersebut kondisi lalu-lintas di sekitar Rawa Buntu akan jadi tertata, atau malah tambah parah?

GM Corporate Communication Perumnas Dian Rahmawati mengungkapkan pihaknya telah memiliki rencana untuk mengatasi permasalahan kemacetan tersebut. Dia bilang akan menyediakan jalur yang memisahkan angkutan pribadi dengan angkutan umum.

“Rencananya jalur untuk pedestrian, angkutan pribadi dan angkutan umum akan dibedakan,” katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Dia menjelaskan, untuk jalur angkutan umum nantinya akan langsung terintegrasi dengan area stasiun. Dengan begitu, menurutnya, angkutan umum tak lagi ‘ngetem’ di sekitaran flyover karena langsung dialirkan ke stasiun.

“Sedangkan jalur mobil pribadi akan dibuatkan khusus untuk memasuki area stasiun,” ujarnya.

(fdl/eds)