Ganti Kafein dengan 6 Makanan Ini

Jakarta: Semua orang memiliki kebiasaan di pagi hari, dan salah satunya adalah minum kopi untuk menjaga stamina seharian. Namun, tidak sedikit orang yang tidak bisa minum minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Kafein sendiri memiliki manfaat bagi tubuh. Sebuah studi dari John Hopkins menemukan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan ingatan. Peneliti Harvard melihat minum kopi empat cangkir sehari menurunkan risiko penyakit Parkinson. Tetapi, dampak kafein berbeda-beda pada setiap orang.

Bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi kafein atau membatasi asupannya, cobalah beberapa alternatif kafein berikut ini.

1. Carob
Carob sendiri lebih dikenal sebagai pengganti cokelat. Carob mengandung sejumlah besar pinitol yang memiliki efek mirip insulin, yang bekerjasama dengan mineral untuk meningkatkan energi.

2. Air
Seperti diketahui, tubuh manusia sangat membutuhkan air. Air akan membantu Anda merasa lebih waspada, karena dehidrasi ringan saja sudah dapat menyebabkan kelelahan. Mulailah hari dengan segelas besar air putih untuk menghidrasi tubuh.

3. Teh peppermint
Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi peppermint bisa memberi kesegaran tersendiri. Selain itu, peppermint dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan konsentrasi oksigen otak.

4. Ginseng
Ginseng digunakan sebagai tonik penambah energi yang dapat melengkapi fungsi organ dalam tubuh dan mempertajam. Ginseng kini digunakan untuk meningkatkan konsentrasi, ingatan dan daya tahan tubuh.

5. Vitamin B
Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah suasana hati, kelelahan dan konsentrasi yang buruk. Pastikan Anda mengonsumsi makanan kaya vitamin B seperti daging tanpa lemak, kacang, biji-bijian.

6. Kacang
Kacang mengandung karbohidrat, lemak dan protein yang dapat membuat Anda kenyang dan berenergi lebih lama. Ini karena kacang menyeimbangkan bahan bakar karbohidrat dengan efek lemak dan protein yang mengenyangkan dan menyeimbangkan gula darah.

(ELG)