Trik Make Up Bagi Si Kulit Berminyak

Kini Anda tak perlu khawatir lagi Anda bisa siasati kulit wajah berminyak saat pergi ke pesta. (Foto: Roberto Delgado Webb/Unsplash.com)

Jakarta: Kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan infeksi kulit lainnya. Orang dengan kulit berminyak biasanya sering mencuci wajah. Padahal, ini malah membuat kulit mengering yang artinya wajah akan lebih terlihat menua.

Saat akan ke pesta, si kulit berminyak pasti sedikit gundah karena make up cepat luntur dan wajah akan lebih mengilap karena produksi minyak berlebih.

Kini Anda tak perlu khawatir lagi Anda bisa siasati kulit wajah berminyak saat pergi ke pesta. Berikut ini tipsnya.

(Baca juga: Lima Masker Sederhana untuk Atasi Kulit Berminyak)

1. Cuci muka
Tepat sebelum menerapkan kosmetik, cuci wajah menggunakan facewash yang mengandung asam salisilat. Tepuk, keringkan, baru setelahnya aplikasikan pelembap bebas minyak.


(Tepat sebelum menerapkan kosmetik, cuci wajah menggunakan facewash yang mengandung asam salisilat. Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)

2. Usap dengan alkohol
Taruh beberapa tetes alkohol di kapas. Usapkan ke dahi, dagu, dan hidung. Cara ini akan membuat area T yang rawan minyak terlihat lebih kering.

3. Pakai foundation dan pelembap bebas minyak
Setelah itu, gunakan foundation dan pelembap yang bebas minyak. Anda bisa mencarinya di pasaran. Setelah itu, oleskan bedak pada wajah.

4. Hindari concealer
Anda perlu menghindari penggunaan concealer pada kelopak mata. Cukup gunakan bedak pada daerah tersebut sebelum memakai eyeshadow.

5. Pakai masker
Untuk mengurangi minyak, ada baiknya Anda menggunakan masker wajah dua atau tiga jam sebelum memakai make up. 

Sumarni

(TIN)