Anies Luncurkan ‘Samawa’, Rumah DP Rp 0 DKI

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya meluncurkan program Rumah DP Rp 0 di Klapa Village, Jakarta Timur. Program hunian berbentuk rumah susun (rusun) itu diberi nama ‘Samawa’, yakni solusi rumah warga.

Anies mengatakan ‘Samawa’ ini memiliki terminologi khusus. Menurutnya nama ‘Samawa’ bisa mendatangkan kedamaian dan kecintaan di dalam hunian. Anies ingin hunian ini disebut istilah ‘home’. Harapannya bisa menghadirkan suasana yang Samawa.

Dalam peluncuran tersebut Anies mengatakan program ini melengkapi program perumahan dan pemukiman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang sudah berjalan sebelumnya, seperti rumah susun sewa dan rumah susun milik.

“Hari ini kita sama-sama hadir peresmian program hunian DP Rp 0, yang beberapa bulan lalu kita juga hadir di tempat ini saksikan groundbreaking sisi konstruksinya. Tapi program ini adalah fasilitas pembiayaan. Jadi hari ini yang kita luncurkan adalah program DP Rp 0-nya yang akan jadi hunian awal di Jakarta,” kata Anies.

Anies mengatakan, saat ini masih ada 51,7% penduduk DKI belum memiliki hunian sendiri. Padahal rumah menjadi hal yang penting karena merupakan kebutuhan dasar.

“Karena itu kita ingin agar kebutuhan dasar warga Jakarta bukan hanya dipikirkan tapi diberikan solusi dan salah satu hambatan adalah masalah biaya uang muka. Oleh karenanya program ini jadi salah satu prioritas,” ujarnya.

“Kami menyadari biaya hidup di Jakarta cukup tinggi, dan salah satu komponennya adalah biaya hunian atau rumah tinggal. Dengan adanya program ini harapkan dapat menjadi solusi menyediakan hunian dengan skema yang murah,” sambung dia.

Penasaran dengan rumah ‘Samawa’ yang diluncurkan Anies? Simak berita selengkapnya.

(fdl/ang)