DPR dan ESDM Rapat Bahas Energi Terbarukan, Ini Hasilnya

Jakarta – Komisi VII DPR dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar rapat dengar pendapat. Rapat yang dihadiri Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot, dan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana ini menghasilkan sejumlah kesimpulan.

Kesimpulan rapat dibacakan oleh Wakil Ketua Komisi VII Syaikhul Islam Ali selaku pimpinan rapat.

Adapun kesimpulan rapat, pertama, Komisi VII DPR RI bersepakat dengan Kementerian ESDM untuk menyusun road map (peta jalan) strategi nasional pengembangan energi baru berbasis batu bara antara lain, gasifikasi batu bara, pencairan batubara, dan gas metana batubara.



Kedua, Komisi VII DPR RI meminta BPPT untuk memperbanyak penelitian dan pengembangan energi alternatif sebagai substitusi bahan bakar minyak (BBM).

Ketiga, Komisi VII DPR RI meminta Dirjen EBTKE, Dirjen Migas RI, Dirjen Minerba, Kepala Balitbang dan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI, serta Plh Kepala BPPT untuk memberikan jawaban tertulis atas seluruh pertanyaan Anggota Komisi VII DPR RI dan disampaikan paling lambat tanggal 22 Oktober 2018.

Setelah membacakan kesimpulan, Syaikhul Islam Ali menutup rapat tersebut. Rapat berakhir sekitar pukul 16.30 WIB.

“Dengan mengucap alhamdulillah rapat saya tutup,” ujarnya.

(fdl/fdl)