Nyeri Punggung Tak Selalu karena Saraf Terjepit

Jakarta: Tak hanya orang tua, nyeri punggung bisa dirasakan pada orang muda. Penyebabnya pun bervariasi.

“Nyeri punggung penyebabnya paling sering karena faktor mekanik sebanyak 90 persen, sedangkan sepuluh persen lainnya bisa karena saraf kejepit dan hal-hal lainnya,” ujar dr Phedy, Sp.OT-K, dalam edukasi kesehatan di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin, 15 Oktober 2018.

“Faktor mekanik itu biasanya terjadi karena ada penyakit lain yang menyebabkan nyeri sampai ke punggung, tulang yang patah atau bergeser, atau bisa juga karena tumor yang menyebabkan rasa sakit di punggung,” tambahnya. 

“Sedangkan kalau saraf kejepit atau Hernia Nukleus Pulposus (HNP) itu menyebabkan rasa sakit pada punggung yang terasa sampai ke bagian kaki.”

Menurut dr Peddy, cara membedakan antara nyeri punggung yang disebabkan faktor mekanik atau karena HNP adalah dengan memperhatikan rasa sakit pada punggung. 

“Jika sakit yang dirasakan itu sampai ke betis, berarti itu terjadi karena saraf kejepit kalau sakit punggung saja berarti bukan karena HNP.”

Ia juga menyarankan ketika seseorang mengalami nyeri punggung sebaiknya tidak melakukan gerakan membungkuk karena bisa memperparah rasa sakit. Menurutnya, jika seseorang mengalami sakit punggung sebaiknya istirahat, salah satunya dengan tiduran.

Lihat video:

(DEV)