Asupan Vitamin D Bantu Keberhasilan Program Bayi Tabung

Jakarta: Vitamin D identik sebagai nutrisi untuk tulang. Namun, belum banyak yang mengetahui jika nutrisi satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesuburan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Endocrine Society’s Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism meneliti peran vitamin D dalam keberhasilan siklus fertilisasi in vitro (IVF) atau yang juga dikenal dengan istilah bayi tabung. Vitamin D ditemukan berkaitan dengan embrio yang berkualitas lebih baik dan tingkat implantasi yang lebih berhasil.

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 154 wanita yang kekurangan vitamin D dan 181 wanita yang memiliki kadar vitamin D tinggi dalam tubuhnya. Mereka yang memiliki vitamin D tinggi, berpeluang berhasil dua kali lebih tinggi dalam program IVF.

Namun, peneliti mengatakan bahwa pria atau wanita tidak perlu khawatir dengan kadar vitamin D dalam tubuhnya. Meskipun, multivitamin sebaiknya dikonsumsi oleh pria dan wanita untuk tingkat kesuburan mereka. Multivitamin dapat memastikan tubuh mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik, termasuk mereka yang memiliki pola makan dan gaya hidup sehat.

Jika khawatir tingkat vitamin D Anda rendah, berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Selain itu, perbanyak asupan yang kaya vitamin D seperti jus jeruk, susu, keju, kuning telur, ikan berlemak, juga makanan tinggi vitamin D lainnya.

(DEV)