25 Tahun Bertahan tak Mudah Buat NTRL

JawaPos.com – Berkarir selama 25 tahun dengan mempertahankan kekompkan dan genre musik bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, NTRL membuktikan untuk tetap kompak dalam bermusik.

“Sudah mencapai tingkat yang luar biasa untuk gue. Karena bisa sampai ke 25 tahun itu perjuangan yang berat banget untuk mempertahankan,” ujar sang vokalis, Bagus dalam film dokumenter yang mereka buat.

Apalagi, Bagus menjadi saksi hidup perjuangan NTRL dari awal, yakni sekadar band SMA yang mencintai genre musik alternative rock.

NTRL – Sakit Jiwa (Official Music Video) (YouTube/NTRL)

Sementara Ciko mengaku tidak menyadari kalau NTRL sudah berkarir selama 25 tahun di industri musik tanah air. Sebab, yang terpenting buatnya adalah terus berkarya.

“Maen aja terus, nggak pernah berenti bikin lagu, sampaai yang mengingatkan orang laen kalo udah 25 tahun. Lama cuma nggak kerasa kaya baru kenal kemaren, karena emang enjoy, maennya emang klik. Jadi, nggak pernah ngerasain timeline, tahu-tahu udah tahun baru,” ujar Ujar Coki saat ditemui di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Berawal dari band SMA, NTRL yang mengangkat genre alternative rock. Mereka pun tetap konsisten dan bertahan. Meskipun, ada beberapa kali mengalami pergantian personel.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus