7 Tahun Digelar, Film Wiro Sableng Boyong Penghargaan Piala Maya 2019

JawaPos.com – Ajang penghargaan Piala Maya ke-7 2019 sukses digelar di Wyndham Casablanca Hotel Jakarta Selatan, Sabtu (19/1). Film ‘Wiro Sableng’ pun memboyong penghargaan dalam ajang tersebut.

Apa saja penghargaan yang berhasil diraih ‘Wiro Sableng’?

Setidaknay ada 5 penghargaan yang berhasil dibawa pulang. Diantaranya, Tata Kamera – Ipung Rachmat, Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212. Lalu, Tata Artistik Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212 – Adrianto Sinaga. Sedangkan Tata Suara Aria Prayogi M. Ichsan Rachmaditta – Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212, Efek khusus Keliek Wicaksono – Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212 dan Tata kostum Adrianto Sinaga diberikan pada Nadia Adharina – Wiro Sableng Kapak Maut Naga Geni 212. 

Selain itu, 8 kategori lainnya untuk aktris dan aktor dalam Piala Maya. Untuk 8 katagori pemeranan terdiri dari Aktor utama (Gading Maten dalam film Love For Sale), Aktris utama (Luna Maya dalam film Suzzanna), Aktor pendukung (Marthino Lio dalam film Sultan Agung), Aktris pendukung (Karina Suwandi dalam film Sebelum Iblis Menjemput), Aktor pendatang (Dewa Dayana dalam film Asal Kau Bahagia). Selain itu, Aktris pendatang baru (Vanesha Prescilla dalam film Dilan 1990), Aktris cilik (Adshisty Zara dalam film Keuarga Cemara), dan Penampilan singkat nan berkesan (Aminah Cendrakasih dalam film Si Doel The Movie).

Perlu diketahui, Piala Maya adalah penghargaan film tahunan Indonesia yang sudah dimulai pada 2012 oleh penggemar film online Indonesia. Ajang ini diprakarsai oleh akun Twitter FILM_Indonesia. Piala Maya memberikan apresiasi untuk industri film lokal terbaik setiap tahun.

Dengan puluhan nominasi yang terdiri dari 15 kategori teknis, 8 katagori pemeranan, dan 9 katagori khusus. 15 kategori teknis seperti film bioskop, penyutradaraan, penyutradaraan berbakat, skenario asli, skenario adaptasi, tata kamera, tata artistik, tata musik, penyutingan gambar, tata suara, tata efek khusus. Untuk kata gori khusus film Wiro Sableng paling banyak memboyong penghargaan. 

Dan 9 katagori khusus diantaranya Video klip musik, Film pendek, Film dokumenter pendek, Film dokumenter panjang, Film animasi layar lebar, Spesial mention, Penghargaan khusus, Piala Hendrick Gozali untuk sosok maestro perfilman Indonesia dan Koleksi dvd. 

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter      : Aginta Kerina Barus