9 Lagu K-pop Ini Populer Sepanjang Tahun 2018

JawaPos.com – Sepanjang tahun 2018 ini banyak lagu K-pop yang dirilis dan berhasil meledak di pasaran. Tidak hanya dikenal dan disukai penggemar K-pop, tapi juga mereka yang non-K-pop mengetahui lagu-lagu K-pop tersebut.

JawaPos.com menghimpun beberapa lagu K-pop yang populer di tahun 2018 hingga berhasil mendapat penghargaan di berbagai ajang penganugerahan!

9 Lagu K-pop Ini Populer Sepanjang Tahun 2018Blackpink (Soompi)

1. Love Scenario – iKON

Lagu milik grup iKON ini menjadi lagu populer di 2018 karena berhasil dikenal hingga ke kalangan non-penggemar K-pop. Terdapat dalam album Return yang dirilis awal 2018, Love Scenario berhasil membuat iKON lebih dikenal. Terlebih setelah mereka tampil membawakan lagu tersebut saat Closing Ceremony Asian Games 2018 di Indonesia, September lalu, lagu tersebut semakin dikenal.

Saking dikenalnya, Love Scenario yang ditulis B.I dan Bobby iKON ini populer di kalangan anak-anak sekolah dasar di Korea. Lagu itu membantu anak-anak SD di Korea untuk belajar membaca dan menulis Hangul (huruf Korea). Padahal lagu tersebut bercerita tentang suatu hubungan seseorang yang melewati berbagai memori cinta indah seperti yang tertulis dalam sebuah skenario.

Kesuksesan iKON lewat Love Scenario tampak dari peringkat yang didapatkan lagu itu di berbagai tangga lagu hingga mencapai all killed. Lagu tersebut juga berhasil memenangkan sertifikasi platinum dari Gaon untuk streaming hingga 25 juta kali hingga berada di puncak Billboard Korea di paruh pertama 2018.

Lagu ini juga berhasil mengantarkan iKON membawa pulang Daesang (penghargaan utama) di Melon Music Awards 2018 lewat kategori Best Song of the Year. Selain itu Love Scenario juga sukses menempati posisi teratas untuk musik video yang paling banyak ditonton di YouTube sepanjang 2018 berdasarkan daftar YouTube Rewind yang dikeluarkan YouTube. Berkat Love Scenario juga, B.I berhasil memenangkan penghargaan Melon Music Awards 2018 untuk kategori Songwriter of the Year.

2. Ddu Du Ddu Du – Blackpink

Lagu Ddu Du Ddu Du Blackpink juga menjadi lagu K-pop yang fenomenal di tahun 2018. Tidak ada yang tidak mengenal lagu ini, baik penggemar K-pop maupun bukan. Lagu ini berhasil menduduki berbagai chart musik baik dalam maupun luar negeri.

Ddu Du Ddu Du juga berhasil memenangkan penghargaan di MTV VMAJ 2018-THE LIVE dalam kategori Best Dance Video. Kesukseskan lagu Ddu Du Ddu Du juga terlihat dari fakta bahwa musik video lagu ini menjadi yang tercepat diantara grup K-pop lainnya, yakni mencapai 400 juta penonton.

Lagu yang terdapat dalam album Square Up yang dirilis Juni lalu, masuk ke dalam daftar The 65 Best Songs of 2018 yang dikeluarkan New York Times. Lagu tersebut menempati peringkat 31 dalam daftar tersebut.

Ddu Du Ddu Du juga berhasil menempati posisi kedua untuk musik video yang paling banyak ditonton di YouTube sepanjang 2018 berdasarkan daftar YouTube Rewind yang dikeluarkan YouTube. Lagu ini juga menduduki posisi teratas sebagai lagu favorit warga Korea Selatan sepanjang 2018 berdasarkan survei Gallup Korea.

3. Fake Love – BTS

Lagu ini terdapat dalam album Love Yourself: Tear dan berhasil menduduki chart teratas baik dalam maupun luar negeri. Lagu tersebut juga berhasil bertahan di chart Billboard hingga saat ini.

Sejak dirilis, lagu tersebut berhasil debut di chart Billboard Hot 100 dengan jumlah penjualan digital hingga 29.000 dan membuat BTS berhasil masuk ke jajaran 10 besar dan mendapat nomor chart tertinggi untuk grup Korea di Amerika.

Lagu tersebut juga sudah dibuat ke dalam versi Rocking Vibe Mix yang terdapat dalam album Love Yourself: Answer serta dibuat versi Jepang untuk album Jepang BTS. Fake Love juga berhasil memenangkan berbagai penghargaan, seperti Melon Music Awards 2018 untuk kategori Best Rap/Hip Hop, Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018 untuk kategori Mwave Global Fan Choice Awards, Best Choreographer of the Year, dan Best Art Director of the Year.

Fake Love juga menjadi lagu favorit warga Korea sepanjang 2018 berdasarkan survei yang dikeluarkan oleh Gallup Korea.

4. Bboom Bboom – Momoland

Lagu Bboom Bboom sempat menjadi lagu favorit tahun 2018 dengan iramanya yang ceria dan menyenangkan. Lagu yang dirilis pada Januari 2018 ini berhasil masuk ke jajaran lima besar di chart penjualan lagu digital dunia Billboard. Debut di nomor 10, lagu tersebut langsung melompat ke nomor empat chart tersebut dan menjadi lagu K-pop dengan penjualan terbaik di Amerika saat itu setelah Mic Drop milik BTS.

5. What is Love – TWICE

Lagu What is Love merupakan salah satu lagi TWICE yang gampang diingat dengan irama ringan, ceria, dan selalu terngiang-ngiang. Selain memuncaki berbagai chart musik, lagu yang dirilis pada 9 April ini juga berhasil menjadi lagu terbaik di tahun 2018 dengan memenangkan kategori Song of the Year di MAMA 2018 dan kategori Best Dance Performance.

6. Solo – Jennie Blackpink

Lagu solo dari salah satu personel Blackpink ini menjadi salah satu lagu K-pop populer di tahun 2018 karena memiliki irama yang unik dan membuat kecanduan. Lagu ini berhasil menembus chart musik dalam dan luar negeri serta beberapa kali menang di acara musik Korea.

7. Bbi Bbi – IU

Lagu terbaru IU ini berhasil mendapat pendengar hingga satu juta di situs streaming musik terbesar di Korea, Melon, 16 jam setelah dirilis pada 10 Oktober. Pada 11 Oktober, lagu tersebut sudah mencapai 1,42 juta pendengar dan telah memecahkan rekor pendengar unik yang pernah didapat IU sebelumnya.

Dirilisinya lagu ini juga menandai 10 tahunnya IU berkarir di dunia musik. Lagu tersebut sangat populer di Korea dan menjadi salah satu lagu favorit yang dirilisi tahun 2018 ini.

8. Idol – BTS

Lagu utama dalam album Love Yourself: Answer ini menjadi salah satu lagu favorit warga Korea Selatan sepanjang 2018 berdasarkan survei yang dilakukan Gallup Korea. Menurut survei tersebut, lagu Idol berada di posisi kedua sebagai lagu favorit 2018.

Sama seperti lagu-lagu BTS lainnya, Idol juga berhasil memuncaki berbagai chart musik dan berhasil membuat BTS membawa pulang berbagai penghargaan. Diantaranya adalah di MAMA 2018 untuk kategori TikTok Best Music Video dan Favorite Music Video, sedangkan di MBC Plus X Genie Music Awards menang untuk kategori Dance Track (Male) dan Best Music Video.

9. Love Shot – EXO

Meski belum lama dirilis, namun lagu yang terdapat dalam album repackage EXO bertajuk Love Shot itu berhasil memuncaki berbagai chart baik dalam maupun luar negeri. Bahkan Love Shot berhasil memuncaki chart iTunes di 60 negara sebelum 24 jam rilis.

Lagu Love Shot dikeluarkan EXO setelah mereka merilis album Don’t Mess Up My Tempo pada 5 November. Album tersebut juga menandai kembalinya EXO setelah setahun lebih beristirahat tak mengeluarkan album.

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : (dmp/JPC)