Ahmad Dhani Dipenjara, Konser Reuni Dewa 19 Must Go On

JawaPos.com – Sisi lain dari vonis 1,5 tahun kepada Ahmad Dhani adalah sosoknya yang banyak mewarnai industri musik tanah air. “Di musik, pergerakannya juga ‘vulgar’, frontal. Hal itu terjadi pula ketika dia terjun ke politik,” ujar wartawan senior dan pengamat musik Bens Leo saat dihubungi tadi malam (28/1).

Seniman lain yang terjun ke politik mungkin tidak melakukan hal yang sama seperti Dhani. “Mas Dhani memang beda. Dan itu terlihat dari karakter Dhani yang memang seperti itu,” imbuhnya.

Apakah vonis tersebut memengaruhi kreativitas leader band Dewa 19 itu dalam bermusik? Bens melihat lima tahun belakangan Dhani tidak seproduktif dulu. Dia hanya kerap mengaransemen ulang karyanya, kemudian dibawakan orang lain. “Saya kira karya-karya lamanya masih bisa menghidupinya sepanjang Undang-Undang Hak Cipta melindungi itu,” ucapnya.

Baik itu karya-karya Dhani yang bertebaran di album Dewa 19, album solonya, maupun penyanyi-penyanyi lain yang membawakan karyanya. “Di mana pun juga, kalau orang punya kreativitas, tetap bisa berkarya,” lanjutnya.

Bens mengungkapkan, kesan yang dia dapatkan ketika berinteraksi langsung dengan Dhani sebenarnya baik-baik saja. Dia mengingat pada 2003 pernah membikin acara yang mengundang Dewa 19. Ketika itu honor Dewa 19 berkisar Rp 80 juta. Tapi, waktu tahu penyelenggaranya Bens dan hanya punya dana Rp 60 juta, Dhani bilang tidak apa-apa. “Itu menarik buat saya. Tidak pernah terbayang dilakukan oleh sosok yang orang bilang arogan, tapi buat saya itu karakter dia,” paparnya.

Sementara itu, di tengah persidangan yang dijalani Dhani, para personel dan mantan personel Dewa 19 sedang menyiapkan penampilan untuk konser reuni di Malaysia pada 2 Februari mendatang. Bagaimana nasib konser tersebut? Saat dihubungi via telepon, Once mengatakan baru mendengar kabar vonis untuk Dhani. “Yang jelas tanggal 2 Februari tetap jadi (konsernya, Red),” ujar dia.

Once menyatakan, dirinya dan teman-teman sudah mengantisipasi kemungkinan itu. “Kami tahu bahwa Dhani dalam statusnya sebagai tersangka kan. Jadi, ini satu kemungkinan pahit yang sudah kami dan promotor Malaysia bayangkan sebetulnya,” lanjut vokalis berambut panjang tersebut.

Pada 2 Februari mendatang, konser reuni Dewa 19 rencananya digelar di Shah Alam Stadium. “The show must go on,” ucapnya. 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (nor/c9/agm)