Benarkah Menyusui dapat Meningkatkan Kesuburan?

Jakarta: Ada berbagai manfaat menyusui bagi ibu dan bayi, seperti menurunkan berat badan pasca kehamilan, dan mengurangi risiko bayi tertular penyakit tertentu. 

Sebuah penelitian baru juga menunjukkan bahwa wanita yang menyusui setidaknya selama lima bulan cenderung memiliki lebih banyak anak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Demography tersebut menyimpulkan bahwa wanita yang menyusui anak pertama mereka selama lima bulan atau lebih memiliki kemungkinan lebih banyak anak secara keseluruhan dengan jumlah lebih dari tiga, dibandingkan dengan wanita yang menyusui untuk jangka waktu yang lebih pendek. atau tidak sama sekali.

Studi tersebut menggunakan data longitudinal dari 3.700 wanita dari akhir 1970 hingga 2012 dan menenukan bahwa wanita yang menyusui lebih lama tidak berbeda secara signifikan dari wanita menyusui lainnya dalam harapan awal kesuburan mereka.

Para peneliti mencatat, wanita yang menyusui anak pertama mereka setidaknya selama lima bulan mencapai dan bahkan melebihi harapan kesuburan sebelumnya selama masa hidup mereka.

Sementara, para wanita yang menyusui lebih lama memiliki lebih banyak anak.

“Ini tidak berarti bahwa menyusui menyebabkan wanita memiliki lebih banyak anak,” ujar peneliti Vida Maralani dari Cornell University, kepada Fox News.

Sebaliknya, mereka berpikir bahwa faktor yang sama, yang membantu mereka untuk berhasil dalam proses menyusui, juga cenderung membantu mereka memiliki keluarga yang lebih besar.

Misalnya, dukungan suami-istri atau pilihan kerja yang fleksibel mungkin menjadi faktor yang membantu ibu yang baru menyusui lebih lama dan membantu mereka memiliki keluarga yang lebih besar dalam jangka panjang.

(DEV)