Berkarya di Film Sultan Agung, Mooryati Soedibyo Pecahkan Rekor Muri

JawaPos.com – Menginjak usia ke-91, Mooryati Soedibyo tak berhenti mengukir prestasi. Sebaai produser film ‘Sultan Agung : Tahta, Perjuangan dan Cinta’, Mooryati Soedibyo mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia. Penghargaan ini sebagai pemecah rekor Eksekutif Produser tertua di dunia.

Film Sultan Agung disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Adinia Wirasti, Ario Bayu, dan Marthino Lio. Film ini menceritakan kisah tentang Sultan Agung Hanyakrakusuma, raja ketiga Kerajaan Mataram yang memerintah pada 1613-1646.

“Ini menceritakan tentang sejarah, sejarah besar bangsa kita, sejarah perjuangan ratusan tahun sebelum kemerdekaan, ini saya curahkan ke sebuah film bulan Agustus tahun lalu,” ucap Ibu Mooryati Soedibyo, saat ditemui di acara perayaan ulang tahunnya ke-91 di Jalan Mangunsarkoro Jakarta, Sabtu (5/1).

Perempuan dari Keraton Surakarta ini memang sudah sejak dulu menginspirasi perempuan Indonesia untuk berkarya dan mandiri. Selain penganugerahan Museum Rekor Dunia Indonesia, pada perayaan hari jadinya ini, ia menyuguhkan suasana yang kental akan adat Jawa seperti alunan gamelan, mempersembahkan tari srimpi, dan pagelaran seni Wayang Kulit.

Di awal pembukaan acara, ia memberikan potongan tumpeng spesial pada tamu kehormatan yaitu mantan wakil presiden RI ke-6 Try Sutrisno. Dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo yang diwakilkan oleh Staf Khusus Mendagri, Budi Prasetyo.

Adapun tamu kehormatan lainnya yang turut menghadiri acara ini seperti Ibunda dari Presiden RI, Joko Widodo yaitu Ibu Sudjiami Noomihardjo, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, aktris senior Christine Hakim, dan para Puteri Indonesia 2018.

Editor      : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter : Inriyani Sembiring