Bos SM Entertainment: Indonesia Pintu Utama Ekspansi K-Pop ke Dunia

JawaPos.com – Chairman SM Entertainment, Lee Soo Man menyebutkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pintu utama untuk dapat dimasuki K-pop ke seluruh dunia. Menurutnya, Indonesia merupakan negara yang potensial dan berkembang dalam ekonomi dan kebudayaannya.

Hal tersebut disampaikan Lee Soo Man ketika ia berkunjung ke Indonesia untuk menandatangani kerja sama antara SM Entertainment dengan Trans Media, Kamis (21/2), di kawasan Jakarta Pusat.

“Filosofi saya saat mendirikan SM, karena budaya sangat penting di zama sekarang. Jadi prinsip saya adalah ekonomi, budaya. Indonesia menjadi salah satu pintu utama untuk budaya K-pop ke seluruh dunia supaya Indonesia jadi negara yang potensial dalam ekonomi dan berkembang,” ujar Lee Soo Man dalam kesempatan itu.

Bos SM Entertainment: Indonesia Pintu Utama Ekspansi K-Pop ke DuniaJajaran direksi Trans Media dan SM Entertainment berfoto bersama usia penandatanganan kerja sama di Jakarta, Kamis (21/2) (Deti Mega P/JawaPos.com)

Ia mengatakan, tujuan utama dengan dilakukan kerja sama strategis di empat bidang usaha, yakni talent management, produksi konten, digital, dan lifestyle ini adalah untuk mengembangkan orang bertalenta di bidang entertainment. 

“Kami akan membawa program ini menjadi salah satu ikon yang bisa dan akan mengembangkannya menjadi bintang ternama,” terangnya.

Tidak hanya itu, ia juga berharap dengan kerja sama ini, Indonesia bisa menjadi pintu menuju dunia dan menjadi pusat dalam ekspansi K-pop. Pasalnya, SM yang menaungi artis seperti Super Junior, EXO, SHINee, Red Velvet, Girls Generation, NCT, dan beberapa artis lainnya itu menargetkan bisa ekspansi K-pop tidak hanya negara Asia, tetapi juga dunia.

“Kami akan terus menunjukkan proyek menarik melalui join venture ini di masa depan. Saya berharap dapat dukungan untuk tercapainya tujuan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Chairman Trans Media, Chairul Tanjung mengatakan, kerja sama join venture antara SM dan Trans Media diharapkan bisa memberikan manfaat yang baik untuk kedua negara, Korea dan Indonesia.

“Utamanya di bidang kreativitas dan ekonomi, Saat ini sedang kami kedepankan untuk salah satu pilar pertumbuhan ekonomi. Kami berharap krja sama ini tidak hanya memberikan kesempatan artis-artis Korea berekspresi atau berkarya di Indonesia, tapi juga bisa mengangkat karya-karya artis Indonesia di mata dunia,” terangnya.

Projek pertama dari kerja sama ini adalah akan berkolaborasinya penyanyi Rossa dan salah satu artis SM Entertainment, Super Junior. Hal ini ditandai dengan kehadiran leader Super Junior, Leeteuk yang juga menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut.

Editor           : Deti Mega Purnamasari