BTS Jadi Grup K-pop Pertama Puncaki Chart Musik Inggris

JawaPos.com – BTS menjadi grup K-pop pertama yang berhasil memuncaki chart musik di Inggris dengan album baru mereka, Map of the Soul: Persona. Selain menjadi grup K-pop pertama, mereka juga menjadi artis Korea Selatan pertama yang menembus chart musik Inggris sejauh ini.

Dilansir dari Yonhap, Map of the Soul: Persona berhasil mencapai puncak dengan 26.500 penjualan yang digabungkan, pada Jumat waktu setempat. Hal tersebut diungkapkan oleh Official Charts Co, Sabtu (20/4).

Lagu utama mereka di album tersebut, yakni Boy With Luv menjadi lagu pertama grup asuhan Big Hit Entertainment itu yang masuk ke Top 15 single Inggris dan menempati urutan 13 pada Jumat waktu setempat.

Tidak hanya itu, Official Charts Co juga mengatakan bahwa album Map of the Soul: Persona merupakan koleksi BTS keempat yang masuk ke jajaran chart Top 40 Inggris. Pencapaian ini mengikuti seri album Love Yourself sebelumnya.

Adapun penjualan album tersebut pada pertengahan minggu ini sudah mencapai lebih dari penjualan minggu pertama dari tiga album Top 20 sebelumnya yang digabungkan.

Melalui album Map of the Soul: Persona, BTS mencatatkan beberapa rekor baru sejak album itu dirilis pada 12 April. Mereka berhasil mencatat rekor penjualan tertinggi, lebih dari 2,3 juta copy di minggu pertama perilisannya.

Kemudian, musik video Boy With Luv juga menjadi yang tercepat disaksikan hingga 100 juta penayangan dalam waktu kurang dari 38 jam. Hal itu juga membuat BTS masuk ke dalam Guinness World Records.

Editor : Deti Mega Purnamasari