BTS Ungkap Peran Artis Senior dan Army Dalam Kesuksesan Mereka

JawaPos.com – Setelah berpromosi di Amerika Serikat sejak album terbarunya, Map of the Soul: Persona rilis pada Jumat (12/4), BTS menggelar konferensi pers di Korea yang berlokasi di Dongdaemun Design Plaza (DDP), Rabu (17/4).

Dilansir dari NEWSPIM, konferensi pers itu dihadiri sekitar 150 media asing dan disiarkan secara langsung melalui YouTube. Dalam kesempatan itu, para member BTS pun mengungkapkan perasaannya dengan album baru mereka yang sukses bahkan sejak sebelum dirilis.

Salah satu membernya, Jin, mengungkapkan alasan bagaimana grupnya itu bisa sukses hingga ke dunia. Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari para senior mereka di K-pop yang telah membuka jalan menuju ke sana.

“Alasan mengapa kami bisa berjalan di jalan ini bukan akrena kami tiba-tiba ditempatkan di tempat ini. Kami bisa melakukannya karena artis senior sebelum kami menciptakan jalan untuk membukanya,” ujar Jin seperti dilansir dari Soompi.

Dalam menjalaninya, Jin mengaku merasakan banyak tekanan bahkan hingga saat ini. BTS, katanya, bekerja keras untuk musik dan penampilan yang akan dilakukan. Namun keberadaan penggemar yang mendukung membuat mereka tetap bisa bekerja keras dan merasakan tekanan itu berkurang. BTS saat konferensi pers album Map of the Soul: Persona, Rabu (17/4) di Dongdaemun Plaza, Korea. (NEWSPIM)

“Hasil dan rekor itu penting, tapi kurasa tidak ada hasil yang lebih baik daripada orang yang mencapai kebahagiaan karena musik kami. Album ini dibuat untuk dinikmati bersama penggemar. Jika penggemar bisa menikmatinya dan senang bersama dengan kami, aku rasa tidak ada tujuan yang lebih baik selain itu,” lanjutnya.

Jungkook juga mengungkapkan arti Army (penggemar BTS) bagi mereka. Ia mengatakan, Army adalah yang menciptakan BTS hari ini.

“Kami bahkan penasaran dengan Army, jadi kami membicarakan hal ini dengan PD Bang. Percakapan ini dikembangkan menjadi tema album ini,” katanya dilansir dari Kpop Herald.

Ia mengatakan, BTS mendengar banyak penggemar internasional yang mendapat kekuatan dan kenyamanan di saat kesulitan dan mengubah kehidupannya berkat lagu-lagu mereka.

“Jadi kami berpikir betapa hebatnya kekuatan musik dan hubungan antara Army dengan BTS menjadi lebih kuat. Army dan BTS tidak akan pernah terpisah,” ungkapnya.

Adapun BTS akan mulai promosi Boy With Luv di acara musik M Countdown mulai hari ini. Mereka juga sudah dijadwalkan akan tampil bersama Halsey di Billboard Music Awards pada 1 Mei dan memulai tur Love Yourself: Speak Yourself-nya pada 4 Mei mendatang.

Editor : Deti Mega Purnamasari