Disindir Sri Mulyani, Ini Pentingnya Milenial Punya Dana Pensiun

Jakarta – Program dana pensiun di Indonesia mesih rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangganya. Masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya dana pensiun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sampai menyindir para milenial untuk mengurangi jajan kopi dan mengalihkan uangnya sebagai dana pensiun.

Perencana keuangan Zap Finance Prita Hapsari pun memiliki cara agar milenial mau ikut program dana pensiun. Pertama, kata Prita, para milenial harus menganggap bahwa program tersebut penting.



Seberapa penting sih milenial punya dana pensiun?

“Karena saat sudah pensiun nggak ada penghasilan lagi,” kata Prita saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Kedua, kata Prita, para milenial tidak lagi mengedepankan gaya hidup. Khususnya para milenial yang baru memiliki penghasilan. Seperti halnya mengurangi jajan kopi yang dalam waktu satu hari bisa berkali-kali.

“Jangan semua gaji dihabiskan untuk lifestyle kekinian seperti ngopi-ngopi,” ungkap dia.

Pendapatan yang disisihkan tersebut, kata Prita bisa mulai dialihkan ke program dana pensiun. Misalnya, menyisihkan dana Rp 50.000 per bulan dengan membuka tabungan berjangka atau reksa dana.

Prita menganggap, masih banyaknya kaum milenial yang belum masuk pada program dana pensiun karena memilih menyisihkan penghasilan untuk kebutuhan hidup lainnya dan belum menganggap hal tersebut belum terlalu penting.

“Mungkin belum merasa penting karena banyak tujuan keuangan lain yangg dinilai lebih prioritas seperti dana nikah, beli rumah, dan lainnya,” ungkap dia. (hek/dna)