Dua Girlgrup Korea Putuskan untuk Bubar di Awal 2019 Ini

JawaPos.com – Dua girlgrup kondang Korea yang telah berkiprah cukup lama di industri musik, yakni 9MUSES dan Wassup menyatakan bubar di awal tahun ini.

9MUSES yang sudah bersama selama sembilan tahun sebagai grup pada Senin (11/2) ini mengumumkan bubarnya grup mereka. Hal tersebut disampaikan langsung oleh agensinya, Star Empire melalui fan cafe resmi.

Sebagai salam perpisahan kepada penggemar, seperti dilansir dari Soompi, mereka akan merilis single digital spesial. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengakhiri aktivitasnya sebagai 9MUSES dengan menggelar fan meeting pada 24 Februari nanti.

Dua Girlgrup Korea Putuskan untuk Bubar di Awal 2019 IniWassup bubar setelah enam tahun (Soompi)

Dalam pengumumannya, Star Empire menyampaikan bahwa bubarnya 9MUSES dikarenakan berbagai alasan, antara lain adalah kontrak yang kedaluwarsa. Alhasil, setelah melakukan diskusi yang bijaksana, seluruh member 9MUSES dan perusahaan sepakat untuk mengambil kesimpulan dengan mengakhiri promosi 9MUSES.

“Kami memohon maaf kepada MINE (penggemar 9MUSES) yang telah menunggu lama bahwa kami menyampaikan berita yang sangat disayangkan,” tulisnya.

Oleh karena itu, katanya, pada Selasa (12/2), single digital terakhir mereka yang berjudul REMEMBER akan segera dirilis, disusul kemudian dengan fan meeting untuk mengakhiri promosi sebagai 9MUSES.

“Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada para member 9MUSES yang telah tampil sebagai artis terbaik selama 9 tahun terakhir, serta MINE yang menunjukkan cinta dan dukungan yang konsisten kepada 9MUSES dan semua anggotanya,” katanya.

Ke depannya, katanya, para member 9MUSES berencana untuk beraktivitas secara individu di berbagai bidang. 9MUSES sendiri debut pada tahun 2010 dengan 9 orang member dan saat ini menyisakan 4 member dan sempat aktif sebagai sub grup dari 9MUSES, yakni 9MUSES A.

Sebelumnya, girlgrup Wassup juga mengumumkan untuk bubar setelah beraktivitas selama enam tahun. Keempat membernya yang tersisa, memutuskan untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan Mafia Records sebelum kontrak kedaluwarsa. Agensi pun menyetujui pilihan tersebut demi masa depan para membernya.

Wassup sendiri debut pada tahun 2013 sebanyak 7 member. Empat tahun setelah debut, 3 membernya keluar dari grup. Kemudian 4 member tersisa sempat comeback pada April 2017 lalu dengan merilis mini album bertajuk Color TV.

Editor           : Deti Mega Purnamasari