Elon Musk Tak Lagi Jabat Ketua Dewan Direksi Tesla

Elon Musk mengundurkan diri posisi strategis di Tesla. Telegraph.co.uk

San Fransisco: CEO pembuat mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla Inc, Elon Musk, akan mengundurkan diri sebagai ketua Dewan Direksi Tesla. Musk dan Tesla juga akan membayar denda sebesar USD40 juta kepada Securities and Exchange Commission AS (SEC).

Dikutip dari Xinhua, Minggu 30 September 2018, SEC mengatakan, bahwa Musk yang akan tetap menjadi CEO Tesla, dan setuju untuk menyelesaikan tuduhan penipuan terhadap sekuritas yang diajukan terhadapnya minggu lalu.

Regulator sekuritas AS juga mengajukan tuntutan terhadap Tesla karena gagal untuk memiliki kontrol pengungkapan dan prosedur yang berkaitan dengan tweet Musk pada Agustus yang mempertimbangkan untuk menjadikan Tesla sebagai perusahaan tertutup dengan harga saham sebesar USD1.420 per saham. 

Dalam pengaduan SEC, regulator sekuritas AS mengatakan Musk membuat harga saham Tesla naik karena informasi yang menyesatkan itu.

“Pernyataannya tentang kemungkinan transaksi tidak memiliki dasar yang memadai yang menyesatkan serta menyebabkan gangguan pasar yang signifikan karena tweet Musk menyebabkan harga saham Tesla melonjak lebih dari enam persen pada 7 Agustus,” kata SEC.

Dikatakan Musk akan digantikan oleh ketua independen setelah pengunduran dirinya.  Tesla kemudian akan menunjuk total dua direktur independen baru untuk dewannya, serta membentuk komite baru dari direktur independen dan menempatkan kontrol dan prosedur tambahan untuk mengawasi komunikasi Musk.

Musk dan Tesla akan membayar USD20 juta dalam denda masing-masing, dan jumlah total USD40 juta akan didistribusikan kepada para investor yang dirugikan di bawah proses yang disetujui pengadilan.

Steven Peikin co-director dari Divisi Penegakan SEC, mengatakan resolusi tersebut dimaksudkan untuk mencegah gangguan pasar lebih lanjut dan membahayakan pemegang saham Tesla.

(UDA)