Empat Mitos Tentang Nutrisi yang Sebaiknya Tidak Anda Percaya

Jakarta: Seiring berkembangnya teknologi, ada kemudahan dalam menyebarkan informasi. Sayangnya, sebagian besar informasi belum tentu benar. Adalah seputar nutrisi, informasi yang sering disebarluaskan di media sosial.

Dikutip dari Metro.co.uk, ada beberapa mitos terkait nutrisi yang sebaiknya tidak Anda percaya.

1. Lemak tidak baik untuk Anda

Mengonsumsi lemak, baik itu lemak jenuh maupun tidak jenuh adalah bagian dari kebutuhan makanan sehari-hari. Tubuh membutuhkan asam lemak Omega 3 dan 6 untuk kesehatan yang optimal. Selama Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi kalori setiap harinya, maka tidak akan terjadi kenaikan berat badan yang signifikan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 1 persen lemak trans dari kebutuhan kalori harian. Lemak trans biasanya ditemukan dalam makanan yang diproses atau digoreng.

2. Menghentikan asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan

Pada dasarnya, karbohidrat bukanlah pilihan yang buruk, tergantung jenis yang Anda pilih. Masalahnya, kebanyakan orang memilih karbohidrat olahan, yang apabila dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan obesitas.

3. Roti merupakan pilihan yang buruk

Roti bukanlah pilihan yang buruk. Masalahnya adalah terletak pada kebiasaan mengonsumsinya terlalu berlebihan atau menambahkannya dengan selai yang mengandung gula atau kaloriĀ  tinggi. Selain itu, perbedaan antara roti tawar dengan roti gandum tidak berbeda terlalu jauh seperti yang dipikirkan banyak orang.

4. Harus makan sesering mungkin untuk meningkatkan metabolisme

Faktanya makan berlebihan cenderung mengarah pada asupan kalori yang lebih tinggi yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sehingga tidak ada manfaat apapun yang Anda dapatkan. Penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Inggris menemukan bahwa hal yang paling penting untuk menjaga berat badan yang sehat berpatokan pada jumlah total kalori yang dikonsumsi sepanjang hari, bukanlah seberapa sering seseorang makan.

(DEV)