Enam Fasilitas yang Sebaiknya Ada Di Kantor untuk Meredakan Stres

Jakarta: Berbagai penelitian menemukan bahwa bekerja dari rumah dapat membantu menurunkan stres. Tetapi beberapa fasilitas yang disediakan kantor juga dapat membuat kesehatan mental tetap terjaga. 

Beberapa fasilitas berikut mungkin  bisa dipertimbangkan oleh perusahaan untuk membuat pekerjanya merasa lebih baik secara psikologis. 

1. Memelihara binatang

Sebuah studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University membandingkan pekerja yang membawa peliharaan anjing ke kantor dengan mereka yang tidak melakukan hal serupa untuk  melihat kadar stres pada keduanya. Hasilnya, membawa hewan peliharaan meningkatkan perasaan positif di mana interaksi lebih baik dan lebih rajin olahraga, yang menurunkan gejala stres. 

2. Ruang kerja tanpa pembatas

Sebuah penelitian dari University of Arizona menemukan bahwa pekerja dengan kondisi ruang kerja tanpa batas memiliki tingkat stres lebih rendah di kantor. Hal ini dikarenakan mereka lebih aktif dibandingkan mereka yang bekerja di ruang privat atau kubikel, yang menurunkan tingkat stres. 

3. Interior yang diterangi cahaya matahari

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa tempat kerja dengan jendela yang membiarkan sejumlah sinar matahari alami di dalam kantor dapat membantu karyawan menjadi lebih produktif dan membantu mereka tetap aktif sepanjang hari. Sinar matahari juga dapat membantu mengurangi stres.

4. Ventilasi yang baik

Ventilasi yang tepat diperlukan untuk mengurangi polutan udara. Tak sedikit pekerja yang absen karena sakit akibat alergen seperti debu, serbuk sari, dan iritasi lainnya di kantor.

5. Kursi ergonomis

Kursi yang dirancang buruk menyebabkan kerusakan pada tulang belakang, leher, punggung, dan postur tubuh pekerja. Semua itu dapat menyebabkan rasa sakit dan stres.

6. Memiliki pusat kebugaran atau pusat yoga di kantor

Telah diakui secara luas bahwa olahraga membantu meningkatkan tingkat hormon endorfin atau perasaan positif dalam tubuh yang membantu mengurangi stres.

Lihat video:

(DEV)