Film Burning Terus Galang Penghargaan Internasional

JawaPos.comBurning berhasil mencetak prestasi internasional lagi dengan memenangkan penghargaan dari France Club Media Cine pada Rabu (9/1) lalu. Film garapan sutradara Lee Chang Dong itu berhasil menang untuk kategori Best Foreign Language Film 2018 di ajang tersebut.

Melansir Kpop Herald, pada Jumat (11/1) lalu, CGV Arthouse mengumumkan bahwa film yang dibintangi Yoo Ah In dan Steven Yeun itu berhasil meraih penghargaan di kategori tersebut dengan mengalahkan beberapa nominasi lainnya. Para nominasi yang tak kalah hebat itu adalah film -film seperti First Man, Shoplifters, The Guilty, Isle of Dogs, dan Phantom Thread.

Adapun Burning merupakan film ber-genre thriller misteri yang diangkat dari cerpen karya Haruki Murakami berjudul Barn Burning. Film ini juga menjadi film Korea pertama yang masuk ke dalam daftar pendek untuk salah satu nominasi kategori Piala Oscar, Best Foreign Language Film. Burning berhasil terpilih menjadi salah satu dari 9 nominasi preliminary untuk kategori tersebut yang pemenangnya akan diumumkan pada 22 Januari mendatang.

Film Burning Terus Galang Penghargaan InternasionalYoo Ah In dalam poster film Burning (Kpop Herald)

Belum lama ini, Burning juga berpartispasi dalam Festival Film Cannes ke-71 sebagai satu-satunya film Korea yang diundang secara resmi ke acara tersebut. Film ini menerima FIPRESCI Internation Critics Prize dan Vulcan Prize sebagai film terbaik dalam bagian kompetisi di acara tersebut. Burning juga berhasil mendapat penghargaan untuk kategori yang sama dari Toronto Film Critics Association.

Selain film itu sendiri, para pemainnya juga mendapatkan berbagai penghargaan. Yoo Ah In berhasil menjadi satu dari 12 aktor terbaik tahun 2018 yang dinobatkan oleh New York Times dan menjadi satu-satunya aktor Korea yang ada di daftar tersebut.

Sementara itu, Steven Yeun juga berhasil mendapat penghargaan dari US National Society of Film Critics Januari ini dan Los Angeles Film Cirtics Association tahun lalu sebagai Best Supporting Award.

Editor           : Deti Mega Purnamasari