Hati-Hati, Yogurt untuk Anak Juga Memiliki Gula Tinggi

Jakarta: Berbicara tentang gula, pasti akan berkaitan erat dengan penyakit diabetes, obesitas dan makanan manis. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ Open Medical Journal, para peneliti melihat kandungan gula dari 900 merek yogurt. Hasilnya, kurang dari 10 persen yogurt-yogurt tersebut mengandung sedikit gula.

Yogurt sendiri merupakan minuman fermentasi yang sangat baik untuk bakteri baik dalam usus. Ini dapat membuat sistem pencernaan Anda tetap sehat. Begitupun dengan anak-anak yang suka dengan rasa yogurt yang manis dan asam.

Karenanya, banyak orang tua yang juga memberikan anak-anak yogurt dengan alasan untuk kesehatan pencernaan, juga kalsium untuk tulang. Tetapi, untuk anak kecil sebaiknya pilih yogurt tanpa rasa atau pemanis.

Namun, di Inggris tercatat banyak yogurt yang mengandung gula tinggi. Ini tentu menjadi kabar buruk untuk kesehatan anak, terutama gigi.

Rata-rata yogurt untuk anak-anak memiliki 10,8 persen gula. Meskipun yogurt lebih baik daripada minuman ringan dan jus buah, mengonsumsi yogurt juga perlu dibatasi.

Orang tua harus mengecek kandungan gula dalam merek yogurt kesukaan si kecil. Pilih yogurt Yunani alami atau Greek yogurt, dengan menambahkan buah-buahan segar sebagai gula alami. Setidaknya, ini bisa jadi alternatif mengonsumsi yogurt yang lebih sehat.

Menurut NHS, anak-anak yang berusia 7-10 tahun setidaknya mengonsumsi gula tidak lebih dari 24 gram sehari atau setara dengan enam buah gula batu.

(ELG)