Investor Peminat Bank Muamalat Sudah Temui OJK

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memanggil perwakilan konsorsium calon investor baru PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (BMI). Pemanggilan itu untuk menilai keseriusannya.

Deputi Komisioner Bidang Strategi dan Logistik OJK Anto Prabowo mengatakan pihak konsorsium datang bersama dengan manajemen BMI. Mereka melakukan konsultasi terkait prosedur dan tata cara untuk melakukan penyuntikan modal.

“Sudah datang ke OJK bersama bank, pihak konsorsium berkonsultasi mengenai anggota konsorsium, rencana jumlah yang akan diinvestasi dan tahapannya,” ujarnya kepada detikFinance, Jumat (28/9/2018).

OJK, kata Anton, menyambut baik niatan sang konsorsium. Namun pihaknya meminta konsorsium untuk melengkapi persiapan administrasi yang dibutuhkan kepada OJK.

“Kami menunggu kelengkapan administratifnya. Sementara konsorsium ini menenuhi kriteria sebagai calon investor,” tambahnya.

Meski OJK menyambut baik, namun pengesahan konsorsium masuk menjadi investor BMI baru disahkan dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) yang digelar pada 11 Oktober 2018.

Konsorsium ini terdiri dari pengusaha kenamaan seperti Ilham Habibie, Arifin Panigoro dan Dato’ Sri Tahir. Di dalamnya juga terdapat pihak asing seperti Lynx Asia dan SSG Hong Kong.

(das/eds)