Istimewa, Band NTRL Rilis Album Ke-14 dalam Bentuk Fisik

JawaPos.com – Tidak terasa band aliran Alternatif rock NTRL sudah 25 tahun berkarya. Band yang di gawangi oleh Bagus Dhanar Dhana ini justru tidak menyadari kalau NTRL sudah 25 tahun berkarya di industri musik tanah air.

Menurut Bagus, bukanlah hal mudah mempertahankan eksistensi selama 25 tahun. Apalagi, band yang dulu dikenal sebagai Netral ini sempat berganti personel juga.

“Nggak terasa dari band SMA cuma nge-jam, main-main latihan nggak jelas sampai akhirnya bikin demo, diterima sama label. Lalu, bikin album. Terus sampai gonta-ganti personel sampai sekarang terakhir 14 album rilis ini 25 tahun berkarya itu nggak bisa digambarkan dengan kata-kata deh,” ujar Bagus saat ditemui di kawasan Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (15/1).

NTRL – Sakit Jiwa (Official Music Video) (YouTube/NTRL)

Dikarirnya yang ke 25 tahun, NTRL mencoba kembali merilis album. Menariknya, NTRL memutuskan untuk membuat albumnya yang ke 14 dalam bentuk fisik sebelum konser 25 tahun pada 2018 lalu.

“Jadi, sebelumnya kita mau bikin konser yang 25 tahun itu. Terus ditawarin sama Erix ‘gimana kalau kita packaging’ konser itu direkam terus kita bikin album eksklusif dengan dvd dan cd yang isinya itu konser. Terus, perjalanan 25 tahun itu diceritain deh,” lanjut Bagus.

Seakan kembali di era 90-an, Bagus mengaku langsung setuju saat NTRL ditawarkan untuk membuat album fisik. Apalagi, albumnya ini dikemas dengan kemasan yang unik.

“Album ke 14. Kita bertiga lahir di era album fisik. Terbiasa kalau bikin album, ya ada fisiknya gitu. Jadi, begitu dapat tawaran kenapa nggak kita bikin sekalian konser direkam bikin dvd. Terus, fisiknya ada di situ, ada sertifikat kenapa nggak,” pungkas Bagus.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus