Jelang Reunian, Pongki Ungkap Alasannya Hengkang dari Jikustik Dulu

JawaPos.com – Setelah hampir 10 tahun hengkang dari band yang membesarkan namanya, Pongki Barata akhirnya mengungkapkan alasannya keluar dari Jikustik. Ternyata, Pongki merasa kecewa lantaran merasa tidak didengarkan oleh personel lainnya.

“Saya keluar karena saya kecewa dengan posisi saya di band ini. Kenapa? Satu, saya tidak bisa melakukan konsep yang ada di otak saya. Saya merasa tidak ternaungi ide-idenya. Kemudian, jadwal. Saya tinggal di Jakarta dan mereka yang (di luar Jakarta), bagaimana mungkin saya yang sendirian di Jakarta diwakili. Saya nggak bisa ngomong,” papar Pongki saat jumpa pers jelang konser Jikustik Reunian, Selasa (12/2).

Kemudian, saat itu, Pongki memilih serius bermusik bersama Nugie, Aryo, Baim di The Dance Company hingga saat ini.

[Official Video] Jikustik – Seribu Tahun Lamanya (YouTube/ Jikustik)

Hadir dalam kesempatan yang sama, Ibrahim Imran alias Baim meluruskan bahwa The Dance Company tidak pernah merebut Pongki dari Jikustik.

“Betapa sedihnya Pongki dulu kalian unfollow di facebook. Ini larifikasi bahwa The Dance Company tidak mengambil Pongki, tapi kita menampung kesedihannya,” kata Baim saat menghadiri jumpa pers Jikustik.

Merespons pernyataan Baim, pemain keyboard Jikustik, Adhit mengatakan bahwa Jikustik tidak merasa Pongki diambil oleh The Dance Company. Sebab, Pongki keluar dari Jikustik dengan sendirinya.

“Jikustik tidak pernah merasa Pongkyi diambil The Dance Campany. Karena itu projek yang diambil. Pongki yang keluar dan komunikasi kita yang tidak baik,” ujar Adhit.

Sebagaimana diketahui, Pongki resmi melayangkan surat pengunduran dirinya sebagai vokalis sekaligus gitaris Jikustik pada Maret 2011.

Sebelumnya, pada 2007, Pongki bersama Nugie, Aryo, dan Baim, memang membentuk band The Dance Company. Namun, ternyata band tersebut terbentuk sebagai bentuk proyek solo beberapa personel Jikustik guna menambah diskografi Jikustik.

Selain itu, solo karir personel Jikustik juga dimaksudkan untuk menarik perhatian publik. Lantaran, Jikustik akan merilis album ke-9 pada 2009.

Kini, Jikustik berencana menggelar konser reuni. Pongki dan Icha, sebagai mantan personel turut dilibatkan dalam konser yang akan digelar 29 Maret 2019 di Jogjakarta tersebut.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus