JYP: Sudah 20 Tahun, JYP Entertainment Dimulai Bersama Bang Shi Hyuk

JawaPos.com – JYP Entertainment akan segera menayangkan acara reality show terbaru bertajuk JYP Super Intern yang mempekerjakan orang-orang terpilih untuk bekerja sebagai karyawan magang di JYP. Park Jin Young, selaku CEO JYP Entertainment berbagi cerita tentang perusahaan yang telah didirikannya itu dalam konferensi pers yang digelar, Kamis (24/1), untuk penayangan acara tersebut.

Melansir Soompi, ia mengatakan bahwa JYP Entertainment sudah berjalan 20 tahun dan dimulai dengan tiga karyawan. Ketiga karyawan itu adalah dirinya sendiri, Bang Shi Hyuk yang kini menjadi CEO Big Hit Entertainment, serta seorang akuntan.

“Sekarang aku hampir memiliki 300 orang karyawan. Kami telah tumbuh 10 kali lebih besar dan ini karena talenta yang diperlukan datang ketika kami membutuhkannya,” terang JYP.

JYP: Sudah 20 Tahun, JYP Entertainment Dimulai Bersama Bang Shi HyukLogo JYP Entertainment (JYP Entertainment)

Ia menjelaskan, orang-orang berbakat yang diterimanya belum bisa membantu banyak perusahaan jika banyak dari mereka yang tumbuh tanpa belajar setiap hari. Namun beruntungnya di perusahaannya tidak ada satupun yang melewatkan belajar, mereka selalu rajin belajar sehingga hasilnya pun seperti yang dirasakan saat ini.

“Kami memiliki banyak orang dengan imajinasi luar biasa dan yang tergila-gila pada menyanyi dan musik. Namun ketika perusahaan kami tumbuh lebih besar, sistem rekruitmen karyawan menjadi serupa dengan perusahaan lain. Tim HRD menyaringnya berdasarkan latar belakang pendidikan,” katanya.

Ia kemudian menjelaskan karyawan seperti apa yang ia cari untuk dapat bekerja di perusahaannya. Terlebih JYP Entertainment merupakan salah satu dari tiga agensi hiburan terbesar yang ada di Korea, disamping SM dan YG Entertainment.

“Karyawan yang aku butuhkan sekarang adalah seseorang yang memberikan ide-ide luar biasa baru. Aku berpikir bahwa mungkin orang ingin disaring melalui fase aplikasi, itu sebabnya aku memutuskan untuk mengambil bagian dari acara Super Intern ini,” katanya.

Melalui acara tersebut, JYP menyebutkan bahwa pihaknya menemukan banyak pemikiran-pemikiran gila dari aplikasi-aplikasi yang sebelumnya tidak lulus seleksi. Hal tersebut juga membuatnya berpikir bahwa sistem HRD perusahaannya telah dievaluasi dan direformasi.

“Itu membuatku bertanya-tanya, bagaimana kami harus merekut untuk mendapatkan orang-orang gila dan inovatif yang mungkin tidak bisa membangun kualifikasinya tapi hidup dengan hasrat untuk drama, musik, dan konser,” pungkasnya.

Adapun acara JYP Super Intern akan mulai tayang pada Kamis (24/1) ini pukul 18.00 WIB di Mnet.

Editor           : Deti Mega Purnamasari