Kerja Ekstrakeras Jaga Rahasia Game of Thrones

JIKA ada serial TV yang paling tinggi tingkat kerahasiaannya, itu adalah Game of Thrones. Jangankan plot, lokasi syuting saja ditutup erat-erat dari pihak luar. Sebab, satu foto lokasi pun bisa membuat fans menebak-nebak apa yang sedang terjadi.

Rory McCann, pemeran Sandor Clegane alias The Hound, mengatakan, ’’David (Benioff) dan Dan (Weiss) bahkan melarang foto sepatu kami di lokasi syuting nongol di media sosial.’’

Berkali-kali lokasi syuting terancam oleh oknum-oknum pencari bocoran. Paparazi, drone, bahkan helikopter pernah melintas di angkasa venue pengambilan gambar di Belfast, Irlandia Utara. Di situ juga pernah digelar sebuah konser. Penyelenggara konser tersebut mendirikan sebuah bianglala. Tepat menghadap tempat syuting! Itu bukan kesengajaan, tapi cukup bikin Benioff dan Weiss pusing luar biasa.

Untuk episode terakhir, kerahasiaan meningkat. Hanya mereka yang memakai ID card bertulisan Episode 6 yang boleh masuk lokasi syuting. Seluruh pengambilan gambar dilakukan di tempat tertutup. Kebetulan, Benioff dan Weiss sendiri yang menyutradarai episode pemungkas tersebut. Sophie Turner memerankan Sansa StarkSansa Stark (HELEN SLOAN/HBO FOR JAWA POS)

Kesulitan menjaga rahasia itu dialami betul oleh para cast. Sophie Turner, pemeran Sansa Stark, menceritakan, dirinya dan Maisie Williams mendapat hadiah dari Benioff dan Weiss. Yakni, selembar story board tentang adegan favorit mereka.

’’Bodohnya, aku menggantung gambar itu di dinding. Dan aku tidak ingat melepasnya ketika kami mengadakan pesta malam Natal!’’ kisahnya berapi-api. ’’Sepanjang malam aku deg-degan ada yang melihat story board itu. Untungnya, kalian tahu, tidak ada yang menyadari! Tidak ada yang tahu itu scene terakhir Sansa di Game of Thrones,’’ imbuhnya, lantas tertawa.

Saking rahasianya, sampai ada rumor bahwa studio melakukan syuting untuk tiga ending sekaligus. Karena itulah, para cast pun tidak tahu ending mana yang akan dipakai. ’’Itu rumor saja. Kami tahu kok ending-nya,’’ kata Liam Cunningham, pemeran Ser Davos Seaworth. ’’Untung keluargaku termasuk nggak suka dikasih spoiler. Aku menaruh skrip di meja makan, dan tidak ada yang menyentuhnya,’’ tuturnya.

Seolah fans tidak cukup penasaran, hingga H-2 menjelang rilis episode pertama besok (15/4), HBO tidak merilis judul episode. Biasanya judul episode diumumkan sepekan atau dua pekan sebelum season premiere. ’’Kami ingin fans mendapatkan pengalaman yang fresh saat menontonnya. Tidak terpengaruh judul atau teori apa pun,’’ kata Benioff. (*)