LA Indie Movie 2019 Kembali Digelar, Jangan Lewatkan Keseruannya

JawaPos.com – Setelah sempat vakum sejak tiga tahun lalu, LA Indie Movie (LAIM) kembali hadir untuk melanjutkan tradisi. Sejak kemunculan perdananya pada 2007, festival film indie itu telah mewadahi para generasi muda untuk menuangkan ide dan ekspresinya melalui medium film.

“2019 kita coba lagi. Terakhir jalan 2016 dan tahun ini kita angkat tema LA Indie Movie Goes to Digital,” tutur Novrizal selaku perwakilan dari Lazone.id, penyelenggara acara, saat jumpa pers di Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Rangkaian LAIM sendiri telah dimulai sejak November 2018 dengan pertemuan di Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang diisi dengan program sharing bersama film maker berpengalaman. Dilanjutkan dengan story competition yang mencari ide cerita menarik dan original yang nantinya skenario terbaik akan diproduksi menjadi film pendek bersama produser-produser ternama tanah air. Pendaftaran sendiri telah dibuka sejak 27 November 2018 dan ditutup pada 24 Maret 2019, melalui www.lazone.id.

Nantinya, cerita terpilih akan difilmkan dan diproduseri oleh produser ternama. Mulai dari Ifa Isfansyah, Ismail Basbeth, dan Adhyatnika. Kemudian, sesuai tema, hasil karya akan didistribusikan melalui platform digital iflix, Viddsee, dan HOOQ.

“Teknologi digital yang terus berkembang membuka peluang dan tantangan baru medium distribusi film, jadi pembuat film harus menangkap tantangan digital sebagai ruang baru kreativitas tanpa batas,” papar Rina Damayanti selaku Direktur Festival LAIM 2019 di lokasi yang sama.

“Saya berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menemukan bakat-bakat yang seperti kita dulu. Yang nggak punya akses sama sekali ke dunia perfilman, beneran newbe, sampai akhirnya saya ketemu mas Salman Aristo lewat LA Indie Movie,” sambung Ismail Basbeth yang menceritakan awal karirnya memproduksi film didampingi Salman Aristo yang ditemukannya lewat LAIM.

Selain kompetisi ide film, program LAIM 2019 lainnya adalah LA Movieland yang akan dihelat di tiga kota besar Indonesia. Pertama, di Jogjakarta pada 2 Maret 2019 di Jogja National Museum. Kedua, di Malang 9 Maret 2019 di Taman Krida Malang, dan terakhir di Jakarta, 16 Maret 2019 di Joglo Kemang.

Program-program menarik, seperti Seri Film Workshop, Meet the Film Expert, Filmmaker Hunt, Casting, dan Open Air Cinema akan dihadirkan. Filmmaker profesional mulai dari Angga Dwi Sasongko (Sutradara), Edwin (Sutradara), Mouly Surya (Sutradara), Ifa Isfansyah (Produser), Denis Adiswara (Content Creator) , Agung Hapsah (Youtuber), Andhy Pulung (Editor Film) serta para aktor ternama Indonesia mulai dari Oka Antara, Vino G Sebastian, Ben Joshua, hingga Arifin Putra akan berbagi pengalamannya.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Yuliani