Lebihi Batas Penjualan, Sejumlah Grup K-pop Raih Sertifikasi Platinum

JawaPos.com – EXO, TWICE, BTS, Blackpink, dan Seventeen berhasil meraih sertifikasi platinum dari Gaon. Pada Kamis (7/3), Gaon Chart mengumumkan grup-grup tersebut meraihnya, setelah berhasil mencapai syarat penilaian yang ditentukan.

Dilansir dari Soompi, album EXO, Love Shot berhasil menerima sertifikat double platinum setelah terjual lebih dari 500 ribu kopi sejak dirilis Desember 2018 lalu.

Blackpink dan Seventeen juga berhasil meraihnya lewat mini album Square Up dan You Made My Dawn. Kedua album itu menerima sertifikat platinum setelah berhasil terjual lebih dari 250 ribu kopi sejak dirilis pada 2018 lalu.

Lebihi Batas Penjualan, Sejumlah Grup K-pop Raih Sertifikasi PlatinumTWICE (Twitter/jypetwice)

Di kategori streaming, lagu Dance the Night Away milik TWICE, Fake Love milik BTS, dan Love, ing milik Ben berhasil menerima sertifikasi platinum setelah di-streaming lebih dari 100 juta kali.

Sementara itu lagu Only Then milik Roy Kim dan Every Day, Every Moment milik Paul Kim juga berhasil menerima sertifikasi platinum dalam kategori download. Kedua lagu tersebut telah diunduh sebanyak 2,5 juta kali.

Tahun lalu Asosiasi Konten Industri Musik Korea membuat regulasi sistem sertifikasi baru untuk penjualan album, pengunduhan lagu, dan online streaming. Aturan ini mulai diterapkan untuk musik-musik yang dirilis setelah 1 Januari 2018.

Gaon Chart kini memberikan sertifikasi album platinum kepada mereka yang telah mencapai penjualan 250 ribu kopi serta lagu yang di-streaming 100 juta kali atau lagu yang diunduh sebanyak 2,5 juta kali.

Editor           : Deti Mega Purnamasari