Lima Manfaat jika Anda Tidak Membuka Medsos

Jakarta: Di zaman yang sudah serba modern ini, media sosial tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Media sosial memberikan banyak kemudahan, mulai dari menghubungkan dengan orang banyak, menambah koneksi baru, dan bisa menjadi ajang untuk menampilkan berbagai koleksi foto yang Anda miliki. 

Namun, terlalu bergantung pada media sosial juga memliki berbagai dampak negatif, sehingga Anda perlu melakukan rehat sejenak.

Dengan tidak membuka media sosial untuk sementara waktu, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini. 

1. Lebih memiliki banyak waktu luang

Dengan tidak menghabiskan waktu untuk membuka media sosial, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas lain. Victoria Merinda, seorang ahli teknologi dari HighSpeedInternet.com mengatakan bahwa melakukan rehat sejenak dari media sosial dapat membuat Anda menjadi pekerja yang lebih produktif dan terhindar dari stres.

2. Lebih kreatif 

Menurut Elizabeth Su, seorang ahli meditasi dan guru yoga bersertifikat mengatakan bahwa istirahat sejenak dari membuka media sosial dapat membuat kerativitas Anda mengalir dengan baik. “Kreativitas akan meningkat karena imajinasi Anda juga bergerak bebas ketika Anda tidak sibuk membuka media sosial.”

3. Meningkatkan kualitas hubungan

“Melakukan detoks dari media sosial dapat membuat Anda lebih peka terhadap keadaan sekitar dan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan kembali koneksi Anda dengan orang-orang sekitar,” ujar Heidi McBain, terapis pernikahan dan keluarga bersertifikat kepada Elite Daily.

Jika Anda dan teman-teman atau pasangan menggantikan pembicaraan mendalam dengan membuka media sosial maka Anda akan kehilangan kedekatan dengan mereka. 

4. Mengenali diri sendiri lebih baik

Dr Kevin Gilliland, seorang psikolog klinis bersertifikat mengatakan bahwa Anda mungkin tidak menyadari seberapa besar media sosial memengaruhi kehidupan Anda sampai Anda berhenti melakukannya. Dengan berhenti sejenak dari membuka media sosial, ia menjelaskan bahwa Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengevaluasi diri sendiri dan menjadikan diri sendiri lebih baik dari sebelumnya. 

5. Menjadi lebih bersyukur

Dr Sal Raichbach, psikolog dari Ambrosia Treatment Center mengatakan bahwa dengan tidak membuka media sosial, Anda akan tidak begitu memperhatikan apa yang orang lain pamerkan dan Anda lebih bersyukur dan tidak membanding-bandingkan kehidupan Anda dengan orang lain. 

(DEV)