Makanan yang Membantu Mengurangi Pembengkakan Selama Hamil

Jakarta: Bengkak pada bagian tubuh tertentu selama kehamilan merupakan hal yang lumrah terjadi. Namun, hal ini sering dikeluhkan ibu hamil (bumil) karena cukup mengganggu penampilan dan aktivitas mereka.

Secara alami, tubuh akan menyimpan lebih banyak air ketika hamil. Selain itu, ada banyak tekanan internal yang membatasi aliran darah ke bagian kaki dan tangan Anda karena pertumbuhan dan gerakan bayi, yang menyebabkan cairan menumpuk. 

Berdasarkan laporan peneliti di Harvard University, pembengkakan sangat dipengaruhi oleh pola makan, sehingga disarankan untuk mengadopsi pola makan yang bisa mengurangi pembengkakan.

Peneliti mengatakan, makanan seperti sayuran berdaun hijau, buah beri, jeruk, dan ceri baik untuk dikonsumsi selama hamil. Begitu juga dengan minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan tanpa lemak yang mudah dicerna oleh tubuh karena kandungan asam lemak omega-3 nya. 

Menurut American Pregnancy Association (APA), Anda perlu membatasi asupan garam dan kafein yang dapat memperparah masalah pembengkakan selama kehamilan. Selain itu, minimalisir asupan karbohidrat olahan, soda, daging merah, dan makanan seperti margarin.

Lihat video:

(DEV)