Mana Jenis Kontrasepsi yang Paling Efektif?

Jakarta: Menggunakan alat kontrasepsi merupakan langkah paling efektif untuk mencegah kehamilan. Ada banyak jenis alat kontrasepsi. Namun, usahakan memilih yang sesuai dengan kondisi kesehatan wanita itu sendiri. 

“Cara untuk mengetahui kontrasepsi yang paling efektif adalah melalui indeks mutiara atau The Pearl Index,” ujar dr Andon Hestiantoro, SpOG (K), dalam acara Konferensi Pers 10 Tahun Program Duta Oral Contraception Bayer Indonesia di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 25 September 2018. 

“Berdasarkan penelitian, alat kontrasepsi yang paling bagus digunakan adalah pil KB. Semakin rendah nilai indeks mutiara tersebut, semakin baik kontrasepsinya. Dan pil KB memiliki nilai indeks mutiara kurang dari satu,” ujar dr Andon. 

Namun ia juga menambahkan bahwa pil KB bukan berarti tidak memiliki kelemahan. 

“Minum Pil KB harus disiplin dan ada risiko lupa. Berbeda dengan spiral, misalnya, itu tidak mungkin lupa,” katanya. 

Pasangan juga terkadang memilih untuk menggunakan sistem kalender untuk mencegah terjadinya kehamilan, tetapi menurut dr Andon, itu merupakan cara yang tidak dianjurkan.

“Sistem kalender itu merupakan kontrasepsi yang paling buruk karena terkadang hitungannya tidak tepat. Untuk itu, sangat tidak disarankan untuk dijadikan kontrasepsi.”

Lihat video:

(DEV)