Manfaat Berbuat Baik untuk Kesehatan Mental

Jakarta: Berbuat baik memang dapat berdampak pada kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal psikologi Translational Issues in Psychological Science, para peneliti dari York University menemukan hubungan antara melakukan kebaikan secara rutin dengan peningkatan kesehatan mental dan fisik. 

Peneliti membagi lebih dari 600 orang yang mengalami depresi ringan menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta untuk mencintai diri sendiri dan mengucapkan kata-kata positif selama 10 menit. Kelompok kedua diminta untuk melakukan kebaikan setiap harinya kepada siapapun secara acak. Sementara kelompok ketiga diminta untuk menuliskan apa yang mereka rasakan dalam sebuah blog. 

Setelah dua bulan, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berada dalam kelompok kedua menunjukkan pengurangan tingkat depresi dan peningkatan kepuasan hidup yang paling tinggi diantara dua kelompok lainnya. 

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan memberikan bantuan atau menyenangkan orang lain, ternyata juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

(DEV)