Mengapa BTS dan iKON Menang Daesang di Golden Disc Awards ke-33?

JawaPos.com – Dalam perhelatan Golden Disc Awards ke-33, BTS dan iKON berhasil meraih Daesang (penghargaan utama), masing-masing untuk Album of the Year (Love Yourself: Answer) dan Digital Song of the Year (Love Scenario). Lalu, mengapa BTS dan iKON yang berhasil memenangkan Daesang?

Komite Eksekutif Golden Disc Awards mengatakan, perhelatan acara tersebut bertujuan untuk merefleksikan tren dan aliran musik pop yang terus berubah secara fleksibel dengan berdasarkan keadilan dan keandalan pada nilai tertingginya.

“Pasar musik Korea direvitalisasi tahun lalu dengan ekspansi K-pop. Itu adalah tahun yang penuh dengan aktivitas kuat saat para seniman Korea tampil di seluruh dunia. Golden Disc Awards akan terus menjadi tempat untuk kerja keras para artis K-pop tanpa berhenti bertepuk tangan dan terus mendukungnya, serta untuk melihat kembali pencapaian mereka,” terangnya seperti dilansir dari Soompi, Senin (7/1).

Mengapa BTS dan iKON Menang Daesang di Golden Disc Awards ke-33?BTS menang Daesang untuk ‘Album of the Year’ di Golden Disc Awards ke-33, Minggu (6/1) (Soompi)

Berdasarkan laporan oultet berita Korea, Ilgan Sport, pemenang Daesang di Golden Disc Awards ditentukan dengan data penjualan album yang dirilis antara Desember 2017 hingga November 2018. Panita Golden Disc, mengambil data penjualan tersebut dari statistik Gaon Chart hingga Desember 2018.

Oleh karena itu, bagi artis yang telah merilis lebih dari satu album dalam periode waktu tersebut akan dinilai oleh panitia untuk dilihat manakah album yang dapat penjualan tertinggi agar bisa dinominasikan. Dalam evaluasi untuk Bonsang dan Daesang, variety dan album OST drama serta lagu tidak diikutsertakan.

Mereka menjelaskan, album hanya dipertimbangkan untuk bisa diberi penghargaan apabila memiliki enam lagu baru atau lebih. Hal ini juga mengecualikan semua intro, outro, trek instrumental, serta versi lagu berbeda dari di album yang sama.

Kemudian, total skornya ditentukan 70 persen dari penjualan dan 30 persen berdasarkan evaluasi para ahli di komite Golden Disc. Data penjualan Gaon Chart juga diubah menjadi skor dan digunakan sebagai standar untuk evaluasi kuantitatif. Sedangkan evaluasi kualitatif dilakukan oleh komite eksekutif Golden Disc Awards. Adapun komite eksekutif tersebut terdiri dari 30 ahli dari berbagai bidang, termasuk distributor, produser TV, kritikus musik, dan reporter budaya pop.

BTS yang memenangkan Daesang untuk kategori Album of the Year rupanya berhasil mencetak poin tertinggi dalam semua evaluasi yang dilakukan dan tidak dapat dibantah lagi bahwa mereka memenangkan Daesang tahun ini. BTS juga berhasil menaikkan skor lebih tinggi lagi dengan penjualan album Love Yourself: Answer.

Komite eksekutif seluruhnya memilih BTS sehingga grup asuhan Big Hit itu menerima 29 dari 30 suara dalam voting di evaluasi Album of the Year. Skor hampir sempurna pun didapatkan BTS, yakni 99,7 poin jauh dari nominasi lainnya. EXO berada di posisi kedua dengan skor 55,6 poin.

Sementara untuk kategori Digital Song of the Year, komite eksekutif berdiskusi cukup panas tentang keandalan chart penjualan, menyusul adanya kecurigaan terhadap chart musik real time tahun lalu. Saat itu, ditemukan bahwa beberapa album yang tidak menerima dukungan dari penggemar musik pop tetap bisa berada di nomor satu di chart musik real time.

Oleh karena itu, tahun ini komite eksekutif melakukan evaluasi agar prosesnya lebih adil, yakni dengan menaikkan tingkat persentase untuk evaluasi kualitatif dan berdasarkan penjualan album yang dipilih publik.

Dalam proses penilaian, iKON dan Blackpink yang berasal dari YG Entertainment berada di posisi tertinggi untuk evaluasi kualitatif. Perbedaan skor mereka hanya terpaut 3,4 poin saja. Love Scenario mendapat 17 dari 30 suara dalam evaluasi untuk Digital Song of the Year.

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : Deti Mega Purnamasari