Menhub Kirim Tim Perbaiki Kerusakan Tower ATC Bandara Palu

Jakarta – Gempa 7,4 magnitudo yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengakibatkan beberapa kerusakan. Salah satunya tower Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie di Kota Palu.

Merespons peristiwa itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah memerintahkan tim AirNav di Makassar, Sulawesi Selatan, membawa peralatan navigasi baru ke Bandara Mutiara.

Budi menjelaskan tim AirNav akan memperbaiki fungsi tower ATC (Air Traffic Control) Bandara Mutiara. Tower ATC Bandara Mutiara sampai Jumat malam (28/9/2018) belum berfungsi karena di lantai 4 tower tersebut runtuh

“Alat navigasinya kira-kira baru akan datang jam 08.00 dari Makassar, dan kita akan lakukan perbaikan-perbaikan untuk darurat supaya pesawat-pesawat yang lebih besar bisa mendarat ke Bandara Mutiara,” terang Budi Karya kepada detikFinance, Jumat malam (28/9/2018).

Selain itu, menurut Budi, pihak Kemenhub malam ini masih meneliti apakah Bandara Mutiara bisa berfungsi dengan baik.

“Malam ini kita akan meneliti apakah bandara itu berfungsi dengan baik. Dalam 1-2 jam ini kalau seumpamanya bandara itu berfungsi dengan baik, kemudian pagi bisa didarati secara visual. kami akan konfirmasi lagi apakah bandaranya normal,” terangnya.

Budi menambahkan, informasi awal yang diperoleh sejauh ini landasan dan terminal Bandara Mutiara dalam kondisi baik, tak ada keretakan, cuma Budi akan memastikan lagi .

“Kami akan meneliti lebih detail,” tutur Budi. (hns/hri)