Minimnya SDM Berkualitas Masih Jadi Sorotan Mira Lesmana

JawaPos.com – Tepat hari ini, Sabtu 30 Maret 2019 adalah Hari Film Nasional. Kemajuan perfilman Indonesia semakin menonjol di mata masyarakat luas. Tebukti, banyak film hasil karya anak bangsa setiap bulannya yang tayang di bioskop.

Selaku penulis skenario, sutradara, sekaligus produser, Mira Lesmana, mengatakan bahwa perfilman Indonesia semakin maju sehingga semakin memicu banyak orang untuk membuat film yang terbaik.

“Sekarang semakin tinggi gairah membuat film yang baik. Semakin tinggi appresiasi penonton film Indonesia dan semakin banyak pula jumlah layar bioskop kita,” kata Mira Lesmana saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (30/3).

Petualangan Sherina (HD on Flik) – Trailer (YouTube/FLIK TV)

Namun, lanjut Mira, bukan berarti harus berpuas dengan apa yang terjadi dalam dunia perfilman saat ini. Sebab, ia menyadari setiap tahunnya perfilman akan selalu memunculkan yang baru.

Hanya saja, di Hari Film Nasional ini, Mira berharap setiap film yang dihasilkan berkualitas. Selain itu, semakin banyak tempat untuk berbagi ilmu tentang film. Sebab, masalah perfilman tanah air baginya terletak pada kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Bagi saya yang utama perlu ditingkatkan adalah SDM agar semakin profesional dan semakin berkualitas, juga regenerasi di segala bidang profesi. Semoga semakin banyak juga sekolah film,” ujar Mira.

Perfilman Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan sempat menjadi raja di negara sendiri pada tahun 1980-an, ketika film Indonesia merajai bioskop-bioskop lokal. Film-film yang terkenal pada saat itu antara lain, Catatan si Boy, Blok M dan masih banyak film lain. 

Tetapi, karena satu dan lain hal, perfilman Indonesia semakin menurun pada tahun 90-an yang membuat hampir semua film Indonesia berkutat dalam tema-tema yang khusus orang dewasa. Hingga akhirnya, film Indonesia sudah tidak menjadi tuan rumah lagi di negara sendiri.

Namun, film Petualangan Sherina hadir sebagai tonggak kebangkitan kembali perfilman Indonesia. Selamat Hari Film Nasional 2019.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Aginta Kerina Barus