Perdana, Ario Bayu: Jadi Dalang Susah Banget

JawaPos.com – Ario Bayu membintangi film terbarunya yang bejudul Perempuan Tanah Jahanam. Di film bergenre horor garapan Joko Anwar itu, dia berperan sebagai Ki Sapadi, seorang dalang.

Pria berumur 34 tahun itu sampai belajar ke seseorang yang berprofesi sebagai dalang sungguhan. Ario pun mengaku sempat merasa kesulitan memainkan perannya.

“Salah satu requirement di film ini, saya harus baca buku dalang, dan harus belajar jadi dalang, dan ternyata susah banget,” ujar Ario saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Ario Bayu: Jadi Dalang Susah BangetPoster film Perempuan Tanah Jahanam. (Istimewa)

Menurut suami dari Valentine Payen itu, menjadi seorang dalang harus memerlukan jari yang lentik. Ario pun mengaku sangat terkesima saat melihat seorang dalang sedang mendongengkan penokohannya.

“Jadi, wayang tangannya bisa kemana-mana. Gue nonton (dalang tampil) cuma, ‘jago banget ’. Saya pun belum bisa dan masih pelan-pelan. Saya baru mulai proses pendalaman (menjadi dalang),” ujar Ario Bayu.

Sebelum akhirnya terpilih untuk membintangi film Perempuan Tanah Jahanam, Ario sempat melakukan casting. Saat itu sutradara Joko Anwar merasa bahwa karakter dalang cocok bagi Ario.

“Saat saya diminta screen test oleh Joko setelah dikasih script, itu juga sangat menarik bagi saya. Karena itu ruang kreatif di mana akhirnya saya dan Joko bisa eksplore,” tukas Ario.

Film Perempuan Tanah Jahanam sendiri dijadwalkan tayang jelang akhir tahun ini.

Editor           : Novianti Setuningsih
Reporter      : Yuliani