Pilih Pemeran Ainun, BJ Habibie Belum Move On dari Bunga Citra Lestari

JawaPos.com – Maudy Ayunda akhirnya terpilih memerankan Ainun muda dalam film  Habibie & Ainun 3. Menariknya, BJ Habibie sendiri yang memilih Maudy memerankan istrinya ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Namun, ternyata tak mudah bagi BJ Habibie menentukan pemeran Ainun muda. Pemilihan Maudy Ayunda disebut membutuhkan proses yang cukup panjang.

Menurut Presiden RI ke-3 ini, banyak pertimbangan sebelum akhirnya pilihan jatuh pada Maudy Ayunda. Salah satunya, pemeran Ainun harus memiliki perilaku yang baik.

“Bukan hanya cantik, tapi perilakuny. Saya banyak masukan dari generasinya. Dia di SMA-nya cucu, sama di JIS. Saya lihat di film Perahu Kertas. Waktu itu, saya selalu pikir panjang, kalau buat sesuatu harus diperhitungkan,” kata Habibie saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Bahkan, Habibie mengungkapkan masih memikirkan bahwa sosok Ainun memang pantas diperankan oleh Bunga Citra Lestari (BCL). Namun, yang dibutuhkan adalah aktris yang lebih muda sehingga ia harus move on dari BCL.

“Saya mikir dan karena itu saya tahu suatu hari BCL nggak bisa. Kalau orang yang usia di atas 30 dijadikan 17 tahun, itu lots of money. Jadi, saya udah perhatikan who’s next,” ujar Habibi.

Kemudian, ternyata Habibie belum cocok saat sang sutradara Hanung Brahmantyo menyodorkan nama Maudy Ayunda. Tetapi, setelah melihat akting Maudy di Perahu Kertas, akhirnya Eyang Habibie langsung setuju.

“Ada dokter Inggris bilang, itu bagus dia (Maudy) intelektualnya, sama seperti Ibu Ainun. Jadi, pertama kalau datang Hanung memberikan saran, saya belum mau. Setelah mengumpulkan dan melihat film Perahu Kertas, ok,” ungkap Habibie.

Diketahui, MD Pictures akan merilis film ketiga Habibie & Ainun. Masih ditukangi oleh Hanung Brahmantyo, film ketiga ini akan menampilkan versi yang berbeda. Film Habibie & Ainun 3 akan fokus pada masa muda Ainun.

Oleh karenanya, film ketiga ini akan diperankan oleh banyak bintang muda dan karakter baru. Salah satunya adalah Maudy Ayunda yang didapuk menjadi Ainun.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Aginta Kerina Barus