Rhoma Irama Minta Penggemarnya Tidak Mudah Terpecah Belah

Jakarta: Rhoma Irama dan grup Soneta menjadi sajian pamungkas Synchronize Fest 2018 hari kedua. Raja dangdut legenda ini tampil bersama rombongannya pada Sabtu malam mulai pukul 23.15 WIB, tetapi tertunda karena masalah suara panggung.

“Assalamualaikum, izinkan saya melakukan sound check,” sapa Rhoma kepada para penonton yang membludak di arena panggung besar Dynamic di Gambir Expo Kemayoran. 

Rhoma mengeluhkan adanya feedback vokal dan gitar dari perangkat pengeras suara. Dia meminta feedback dikurangi sekecil mungkin. Suara Rhoma memang terdengar kurang jelas karena masalah itu. Namun setelah tampil setengah jam kemudian, Rhoma masih mengeluhkan hal serupa. 

Untungnya penonton, yang sebagian besar anak muda, bisa memaklumi. Mereka tetap berjoget asyik hampir di setiap lagu, mulai dari Bencana, Indonesia, Adu Domba, Terajana, Insya Allah, 250 Juta, Baca, hingga Viva Dangdut

Sebelum membawakan Bencana, dia mengajak para penonton untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Rhoma juga mengajak penonton untuk melakukan “introspeksi nasional”. Musisi 71 tahun ini memaknai bahwa bencana terjadi bukan kebetulan, tetapi karena kehendak Tuhan dengan tiga alasan berbeda. Ujian, peringatan, atau hukuman.

“Mari kita adakan introspeksi nasional,” ujar Rhoma.

Dalam beberapa lagu lain, Rhoma juga melontarkan ajakan untuk bersatu dan tidak terpecah belah. Sebelum membawakan Adu Domba misalnya, Rhoma mengingatkan penonton untuk tetap bersaudara kendati pilihan politik berbeda. 

“Waspada praktik hoax, waspada adu domba yang memecah-belah, waspada provokator, jangan mau diadu domba!” seru Rhoma. 

Lewat lagu Viva Dangdut versi diperpanjang, Rhoma menyerukan ajakan untuk “menggoyang” dunia dengan dangdut. 

Menurut jadwal resmi, Rhoma seharusnya bisa tampil 2,5 jam hingga pukul 01.45 WIB. Namun setelah tampil satu jam, Rhoma berpamitan. Penonton tak puas dan meminta encore. 

Permintaan dipenuhi. Rhoma tampil membawakan dua lagu yang lebih energik, yaitu Begadang dan Nafsu Serakah

Bersamaan dengan Rhoma, Diskoria juga tampil di panggung XYZ yang lebih kecil. Begitu pertunjukan Rhoma dan Soneta selesai, sebagian penonton muda bergabung ke kerumunan Diskoria hingga dini hari.

(DEV)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.