Sejumlah Kejutan dari Malam Penghargaan Grammy Awards ke-61

JawaPos.com – Ajang penghargaan tertinggi untuk insan musik Grammy Awards ke-61 usai digelar di Staples Center di Los Angeles, Minggu (10/2) waktu Amerika Serikat.

Sejumlah kejutan dan sejarah dicetak dalam malam penganugerahan yang dibawakan oleh musisi Alicia Keys ini. Berikut di antaranya.

1. Dibuka oleh Michelle Obama

Mantan Ibu Negara Amerika, Michelle Obama mengejutkan dengan kehadirannya di atas panggung Grammy Awards. Mengenakan gaun silver tua menyala, istri Barack Obama ini membuka Grammy Awards ke-61 bersama Alicia Keys, Lady GaGa, Jennifer Lopez, dan Jada Pinkett Smith.

Kemudian, Michelle Obama mengatakan betapa penting musik menemaninya di saat senang dan susah menjadi ibu negara. Ketika, sang suami, Barack Obama menjadi Presiden Amerika dan semua berakhir pada 2017.

Sejumlah Kejutan dari Malam Penghargaan Grammy Awards ke-61BTS menjadi boyband K-pop pertama yang menghadiri Grammy Awards. (hollywoodlife)

2. BTS Cetak Sejarah

BTS membuat sejarah dengan menjadi boyband asal Korea Selatan atau grup K-pop pertama yang hadir di Grammy Awards.

Meskipun tak menunjukan kebolehan mereka bernyanyi dan menari, BTS didapuk membacakan nominasi dan pemenang untuk kategori album R&B terbaik.

Kemudian, mereka dipercaya memberikan penghargaan Grammy untuk kategori album R&B terbaik kepada H.E.R.

Sayangnya Jungkook cs yang masuk nominasi paket rekaman terbaik (karya seni) untuk album Love Yourself: Tear, gagal membawa pulang penghargaan Grammy tahun ini.

Sejumlah Kejutan dari Malam Penghargaan Grammy Awards ke-61Lagu ‘This is America’ milik Childish Gambino menjadi lagu rap pertama yang berhasil menyabet penghargaan lagu terbaik dan rekaman terbaik sepanjang sejarah Grammy Awards. (Variety)

3. Childish Gambino Cetak Sejarah

Tak hanya BTS yang berhasil mencetak sejarah. Rapper asal Amerika, Donald Glover atau lebih dikenal dengan nama panggung Childish Gambino juga berhasil membuat sejarah di Grammy Awards ke-61.

Lagunya, This Is America menjadi lagu rap pertama yang berhasil membawa pulang penghargaan Song of the Year dan Record of the Year.

Selain itu, dia juga berhasil membawa pulang piala Grammy Awards terbanyak, yakni 4. Ditambah dengan kategori Best Rap/Sung Performance, dan Best Music Video.

Sejumlah Kejutan dari Malam Penghargaan Grammy Awards ke-61Lady GaGa menangis saat menerima penghargaan ketiganya digelaran Grammy Awards ke-61. (NME)

4. Lady GaGa Menangis dan Sampaikan Pesan Menyentuh

Lady GaGa berhasil membawa pulang 3 penghargaan Grammy Awards, yakni Best Song Written for Visual Media untuk lagu duetnya bersama Bradley Cooper Shallow, Best Pop Solo Performance untuk lagu Joanne (Where Do You Think You’re Goin’?), dan Best Pop Duo/Group Performance untuk duetnya dengan Bradley di lagu Shallow.

Saat menerima penghargaan ketiganya di atas panggung, GaGa menangis. Kemudian, menyampaikan pesan yang cukup menyentuh.

GaGa meminta sesama musisi untuk saling menjaga. Sebab, tekanan mental kerap dialami musisi sebagaimana di film A Star Is Born yang dibintanginya.

“Aku berharap Bradley di sini. Dia menghadiri BAFTA di Inggris. Bradley, aku sangat senang menyanyikan lagu ini bersama mu. Sangat bangga bisa menjadi bagian dari film yang menekankan pada isu kesehatan mental. Banyak artis yang mengalaminya. Kita harus saling menjaga. Jadi, jika ada yang merasa sakit seperti itu, jangan ditinggalkan. Jika kamu yang merasakanya, beranilah untuk merasakannya dan carilah orang lain untuk berbagi cerita,” kata Gaga, sebagaimana dilansir dari NME, Senin (11/2).

Editor           : Novianti Setuningsih