Selain Berenang, Lakukan Tiga Olahraga Ini untuk Jantung Sehat

Jakarta: Berolahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Tentunya, dengan diimbangi asupan makanan sehat. Namun, olahraga seperti apa yang baik untuk kesehatan organ vital ini? 

1. Bersepeda

Bersepeda adalah jenis latihan yang meningkatkan kesehatan jantung, menghilangkan dampak tekanan pada sendi, dan menggerakkan otot. Selain itu, olaharaga mengayuh tersebut juga menurunkan tekanan darah. 

2. Trekking

Trekking adalah olahraga yang lebih menantang fisik dibandingkan berjalan santai. Bahkan, Anda harus berlatih beberapa hari sebelum trekking. Olahraga satu ini memiliki banyak manfaat seperti menguatkan jantung, menurunkan berat badan, menyehatkan paru, menguatkan tulang, dan meningkatkan kesehatan mental.

3. Berenang

Menghabiskan waktu di air memiliki fungsi yang sama dengan meditasi, memberi waktu istirahat pada otak. Selain itu, berenang juga berisiko cedera lebih kecil dibandingkan jogging karena tidak memberi tekanan pada tulang, sendi, dan otot. Dengan demikian, olahraga ini baik untuk mereka yang menderita radang sendi atau arthritis.

4. Lari

Ini adalah olahraga termudah untuk membuat jantung tetap sehat. Lari membantu menurunkan indeks massa tubuh (IMT) dan kolesterol sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, aktivitas tanpa peralatan ini juga memperlancar aliran darah.

Lihat video:

(DEV)