Setelah 16 Tahun, Race to Freedom Akhirnya Siap Rilis

JawaPos.com – Film Korea yang diangkat dari kisah nyata, Race to Freedom – Um Bok Dong akan segera dirilis pada 27 Februari mendatang. Akhirnya, film tersebut dirilis setelah produksinya dimulai pada tahun 2003 lalu, saat sutradara sekaligus penulis Kim Yu Sung mulai menulis naskahnya.

Melansir The Korea Times, Race to Freedom – Um Bok Dong merupakan film tentang juara balap sepeda Um Bok Dong (1892-1951) yang menjadi bintang setelah meraih banyak gelar dari balap sepeda pada 1910-1945 selama Jepang menduduki Korea. Rain, menjadi aktor yang akan berperan sebagai Um Bok Dong.

“Aku selalu tertarik dengan sejarah. Aku kira, aku memiliki pengetahuan sejarah tapi menyadari tidak melakukan penelitian tentangnya. Pemahamanku tentang sejarah sangat sedikit,” ujar Kim Yu Sung.

Ia mengaku, sering mendapatkan cerita tentang Um Bok Dong dari sang nenek. Hal itulah yang menginspirasinya untuk menulis skenario tentang pebalap sepeda ini.

Terlebih, katanya, beberapa media menyebutkan bahwa Um Bok Dong figur inspiratif karena memicu semangat kemenangan dari kejuaraan yang diperolehnya. Kendati demikian, film ini hanya mengangkat catatan kompetisi Um yang mengesankan saja dan selebihnya adalah fiksi.

Rain, yang memerankan Um Bok Dong mengatakan bahwa sang pahlawan merupakan sosok tinggi yang tidak bisa dibandingkan dengannya. Ia mengatakan, lewat perannya itu, dirinya hanya ingin menyoroti prestasi Um yang tidak diakui.

“Sejujurnya, aku tidak tahu sebelum sutradara menawarkanku peran utama dalam film ini. Kurasa ini adalah cerita fiksi, tetapi ketika aku membaca naskahnya, aku merasakannya dan ingin memberitahu publik apa yang telah ia lakukan,” katanya.

Selain Rain, film ini juga dimainkan Kang Sora yang berperan sebagai Kim Hyong Shin. Ia merupakan karakter fiksi yang bersinar sebagai pejuang kebebasan heroik dalam film. Kemudian, film ini juga dimainkan oleh Lee Bum Soo dan Lee Si Eon.

Editor           : Deti Mega Purnamasari