Sunyi, Adaptasi Film Horor Korea yang akan Tayang di 10 Negara

JawaPos.com – Film Sunyi menjadi tontonan horor pertama di Indonesia dengan kesan berbeda. Tidak begitu banyak Jump scared dan teknik riasan berlebih, film horor ini justru memiliki pesan moral soal bullying.

Produser Manoj Punjabi mengungkapkan, bullying atau perundungan adalah masalah dunia. Namun, ia tak ingin menggurui lewat film. Oleh karenanya, ia tetap mengedepankan kisah menarik dan menghibur di tiap filmnya.

“Tidak ada unsur ego mau bikin film yang edukatif atau menggurui, tidak,” tegas Manoj usai screening film Sunyi di CGV Grand Indonesia, Selasa malam (2/4).

Melalui film Sunyi juga, Manoj Punjabi memaparkan genre drama terlalu berat untuk diterima penonton ketika dikaitkan dengan tema perundungan. Sehingga, ia memilih genre horor untuk menyampaikan pesan tersebut.

“Kalau kita bawa ke drama terlalu berat, terlalu depresi. Kalau horor bisa jadi sesuatu edukatif, sesuatu yang kita sadar di akhir film, ini nggak benar karena ada ending yang punya meaning-nya. Kalau di horor-bullying bukan jadi fokus tapi ada message,” jelas Manoj.

Film Sunyi sendiri merupakan adaptasi film Korea lawas berjudul Whispering Corridors rilisan 1998, arahan sutradara Park Ki-hyung. Film ini termasuk laris di Korea Selatan dan dilanjutkan dalam bentuk sekuel yaitu Memento Mori (1999), Wishing Stairs (2003), Voice (2005), dan A Blood Pledge (2009).

Awi Suryadi yang menyutradarai film Sunyi menyadur konten cerita Whispering Corridors. Namun, tokoh utama dibuat berbeda dalam versi Indonesia. Dalam versi Korea, kedua tokoh utama merupakan perempuan. Namun, versi Indonesia dibuat laki-laki, yakni Angga Yunanda dan Amanda Rawles agar tidak seratus persen sama.

“Karena yang Korea cewek protagonisnya dan kita buat adaptasi yang nggak plek-plekan sama. Perbedaan yang mau kita lakuin itu karena kita tahu market teenage romance itu ada,” tutur Awy Suryadi di lokasi sama.

MD Pictures dan Pichouse Films berperan sebagai distributor film Sunyi. Film tersebut bahkan telah dibeli 10 negara di Asia sebelum penayangan resminya.

“Distribusi keluar ada, Thailand, Singapura, Brunei, Myanmar dan banyak lagi. Sebelum rilis, kita udah terjual di 10 negara dan partner kami udah optimis untuk tayang di luar,” tandas Manoj.

Film ini dibintangi Angga Yunanda, Amanda Rawles, Teuku Rizky, Unique Priscilla, dan Verdie Solaiman. Film Sunyi tayang perdana di bioskop Indonesia 11 April 2019.

Editor : Novianti Setuningsih

Reporter : Yuliani