Susu dan Keju Tak Selalu Buruk untuk Kesehatan Jantung

Jakarta: Sebuah studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi produk susu dalam batasan wajar dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi dua porsi produk susu sehari memiliki risiko penyakit kardiovaskular dan kematian lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit. 

Beberapa produk susu tersebut adalah susu, keju, yogurt, dan susu murni. 

“Produk susu tak usah berkecil hati dan bahkan perlu dikembangkan lagi pada negara berpenghasilan rendah dengan konsumsi susu juga rendah,” ujar Penulis studi Mahshid Dehghan, PhD, peneliti di Population Health Research Institute di Kanada seperti dilansir dari Healthline.

Produk-produk susu berlemak tinggi memang dikenal mengandung jumlah lemak jenuh yang tinggi, yang meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterola buruk), faktor risiko penyakit jantung.

Lemak ekstra juga menambah kalori,yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Meskipun demikian, susu mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti asam amino, lemak tak jenuh, vitamin K-1 dan K-2, kalsium, probiotik.

Namun, Dehghan mengatakan bahwa moderasi adalah kuncinya. Jadi, orang yang sudah makan enam hingga tujuh porsi per hari tidak boleh makan lebih banyak.

Pedoman Diet Amerika Serikat 2020 merekomendasikan  mengonsumsi dua hingga tiga cangkir per hari dari produk susu bebas lemak atau rendah lemak untuk orang dewasa. 

Perlu diketahui, 6 ons yogurt bebas lemak sama dengan 3/4 cangkir produk susu. Sementara, 1,5 ons keju cheddar sama dengan 1 cangkir susu.

(DEV)