Telah Berakhir, ‘Wanna One You’ve Done Well" Mendunia

JawaPos.com – Senin (31/12) ini menjadi hari terakhir bagi para member grup Wanna One untuk bersama-sama sebagai grup. Tepat hari ini, kontrak 11 membernya sebagai Wanna One berakhir dan Wanna One pun resmi bubar.

Sejak kemarin, para penggemar grup Kang Daniel CS ini sudah mengungkapkan kesedihannya di berbagai media sosial. Sejumlah fandom juga menunjukkan dukungannya kepada Wannable (sebutan penggemar grup Wanna One) di berbagai media sosial.

Hari ini, hashtag #WannaOne_You’veDoneWell (terjemahan dari Korea) di Twitter menguasai trending topic dunia sebagai perpisahan sekaligus dukungan yang diberikan para Wannable kepada Wanna One. Berbagai ungkapan dari para penggemar pun disampaikan dengan hashtag tersebut.

Telah Berakhir, 'Wanna One You've Done Well" MenduniaWanna One (Soompi)

“Mari bertemu lagi ketika angin sepoi di musim semi (spring breeze) berembus,” tulis seorang penggemar sembari mengutip judul lagu terbaru Wanna One.

“Terima kasih Wanna One untuk memorinya. Aku akan selalu mengingat dan mendukung mereka. 1,5 tahun telah dilewati dengan dekat. Terima kasih untuk selalu memberikan yang terbaik. Aku bangga kepada kalian semua,” tulis yang lain.

“Terima kasih untuk banyak kenangan yang sangat luar biasa sejak kalian trainee hingga hari inu Wanna One untuk terakhir kalinya,” ujar yang lain.

Seperti diketahui, Wanna One yang beranggotakan Kang Daniel, Lai Guanlin, Hwang Minhyun, Ha Sung Woon, Park Jihoon, Kim Jaehwan, Ong Seong Wu, Lee Daehwi, Park Woojin, Jung Jisung, dan Bae Jinyoung merupakan finalis dari program survival Produce 101 Season 2 milik Mnet yang berasal dari berbagai agensi berbeda.

Beberapa diantaranya sudah memiliki grup sendiri sebelum bergabung dengan Wanna One. Salah satunya adalah Hwang Minhyun yang merupakan member grup NU’EST dan Ha Sung Woon yang merupakan member grup HOTSHOT.

Mereka yang berhasil hingga ke final program survival tersebut kemudian debut sebagai grup Wanna One pada Agustus 2017. Selama aktivitasnya di dunia hiburan Korea, Wanna One mencapai kesuksesan dengan meraih berbagai penghargaan di tahun 2018 ini.

Namun sesuai dengan mekanisme bahwa grup tersebut dibentuk sebagai projek, kontrak ke-11 member sebagai Wanna One. dengan agensi yang membentuk grup, yakni Swing Entertainment harus berakhir pada 31 Desember 2018. Para membernya pun akan kembali ke agensi masing-masing yang selama ini menaunginya.

Sebelum bubar, pada 19 November lalu, Wanna One mengeluarkan album terbaru sekaligus terakhirnya 1¹¹=1(POWER OF DESTINY). Sejak debut, Kang Daniel dan kawan-kawan telah merilis sejumlah album seperti 1X1=1 (To Be One) sebagai album debut, kemudian repackage album 1-1=0 (Nothing Without You), mini album kedua bertajuk 0+1=1 (Promise You), dan spesial album 1÷χ=1 (Undivided).

Editor      : Deti Mega Purnamasari
Reporter : (dmp/JPC)