Tuduh BTS Plagiat Karyanya, Fotografer Prancis Ubah Pernyataan

JawaPos.com – Fotografer Prancis, Bernard Faucon yang semula menuduh BTS memplagiasi karyanya bertajuk Banquet dari Summer Holidays seri 1978 untuk musik video Blood, Sweat & Tears mengubah pernyataannya. Ia mengatakan, musik video BTS itu terinsipirasi oleh karyanya tersebut.

“Aku menganggap kemungkinan inspirasi dari karyaku sebagai penghargaan dan bukan sebagai plagiarisme atau pelanggaran hak cipta,” ujar Faucon seperti dilansir dari Korea Joongang Daily, Jumat (19/4).

Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya menyukai album BTS tersebut dan merasa tersanjung karena 40 tahun kemudian, karyanya masih tetap bisa menginspirasi para seniman muda saat ini.

Sebelumnya, tuduhan plagiarisme yang disampaikan Faucon adalah beberapa foto BTS dalam The Most Beautiful Moment in Life yang dirilis tahun 2016 serta latar belakang dan struktur produksi di beberapa klip dari musik Blood, Sweat & Tears menyerupai projeknya tersebut.

Namun hal ini telah dibantah oleh Big Hit Entertainment, selaku agensi BTS. Mereka menyatakan bahwa klaim tersebut tidak valid.

Editor : Deti Mega Purnamasari